Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Rumor: Apa Yang Baru di macOS 10.15?

macOS Mojave di iMac

Apple akan menyelenggarakan acara WWDC pada tanggal 3 Juni 2019. Selain sudah beredar informasi mengenai perubahan dan fitur iOS 13, ada juga informasi baru soal macOS 10.15.

Seperti sudah pernah saya singgung, Worldwide Developer Conference atau disingkat WWDC adalah acara tahunan dari Apple. Acara ini merupakan acara bagi pengembang aplikasi dan game untuk perangkat milik Apple, yaitu iOS, macOS, tvOS, dan watchOS.

macOS 10.15 adalah generasi terbaru dari sistem operasi untuk perangkat komputer dan laptop dari Apple. Kelanjutan dari macOS 10.14 Mojave yang rilis tahun 2018.

Sebelum ini juga sudah beredar rumor mengenai macOS. Kelihatannya bocoran itu cukup jitu. Karena Mark Gurman dari Bloomberg juga menyebutkan hal serupa.

Apa fitur baru macOS 10.15?

  • Fitur yang paling bombastis adalah aplikasi iPad bisa bekerja di komputer dan laptop Mac.
  • Apple akan membawa aplikasi Podcast dan aplikasi gabungan “Find My Friends” dan “Find My iPhone” dari iOS 13 ke macOS tahun ini.
  • Akan ada aplikasi Apple Music baru, yang dikembangkan sebagai aplikasi standar Mac.
  • Beberapa aplikasi bawaan lain yang akan hadir ke Mac meliputi: Screen Time, efek dan stiker ke aplikasi Message, integrasi dengan aplikasi Siri Shortcut, aplikasi Reminder baru, dan Apple Books yang diperbarui.
macbook air dan ipad
Macbook Air dan iPad (Foto: Macworld)

Mark Gurman menyebutkan kalau Apple akan memungkinkan para pengembang memindah aplikasi iPad mereka ke macOS tanpa harus menulis dua kali kode yang ada. Walau begitu, para pengembang tetap harus menyiapkan dua paket aplikasi berbeda untuk iOS App Store dan macOS App Store.

Kabarnya, setelah membawa aplikasi iPad ke macOS tahun ini, Apple akan membawa aplikasi iPhone tahun depan. Akhirnya Apple akan menggabungkan aplikasi iPhone, iPad, dan Mac menjadi satu proses unduhan (fleksibel dengan perangkat). Ini juga memungkinkan Apple menggabungkan App Store menjadi satu.

Selain kisi-kisi fitur baru macOS 10.15, terdapat juga bocoran informasi kalau Apple mempertimbangkan memperbarui komputer Mac Pro. Termasuk menyiapkan monitor eksternal baru yang memiliki kode J290. Monitor ini disebut memiliki dukungan “high-dynamic-range” sehingga warna terlihat lebih bagus dan realistis.

More Stories
Rekomendasi Game Bagi Pecinta Serial Game of Thrones