Rumor Fitur “App Tracking Transparency” Ala Google Hadir di Android 12

Google telah lama digosipkan kembangkan fitur “App Tracking Transparency” mirip Apple. Gosipnya, fitur ini akan muncul di Android 12.

Beberapa bulan lalu, Apple memang sempat ‘diprotes’ banyak pengembang aplikasi. Kejadian ini terjadi tak lama setelah perusahaan mengumumkan fitur App Tracking Transparency di iOS 14.5.

Fitur ini disebut-sebut wajibkan pengembang aplikasi mendapat izin terlebih dulu dari pengguna, sebelum mereka melacak informasi pengguna.

Sempat dirumorkan tengah mengembangkan fitur serupa, beberapa waktu lalu, Google mengonfirmasi kebenarannya. Bukan cuma itu, Google juga membocorkan secuil informasi tentang fitur App Tracking Transparency versi merek.

Google App Tracking Transparency Tak Seketat Apple

Dikutip dari GSMArena, meski sekilas sama, namun fitur ini tak akan seketat bikinan Apple. Fitur ini diprediksi debut di Android 12. Jadinya nanti di Android 12, pengembang aplikasi tak akan lagi memiliki akses ke Advertising ID/ID Iklan pengguna.

Untuk sementara ini, smartphone Android hanya dibekali opsi “Opt out of Ads Personalization” yang bisa kamu temukan di “Settings > Google > Ads.” Sayangnya, opsi ini masih memungkinkan aplikasi meminta ID Iklan milikmu.

Nantinya di Android 12, Google bakal menawarkan metode analitik alternatif dan pencegahan penipuan tanpa memerlukan ID Iklan. Selain itu, aplikasi juga tak akan bisa mengumpulkan identifier saat pengguna logout.

App Tracking Transparency Versi Apple – Sumber : GSMArena

Yah, bagaimana pun, bisnis utama Google adalah menjual iklan. Jadi kalau Google bikin fitur yang terlalu ketat seperti milik Apple, hal tersebut justru bakal memengaruhi keuntungan mereka.

Membuat opsi yang lebih longgar mungkin jadi jalan tengah yang lebih bersahabat buat kedua pihak (pengguna dan pengembang aplikasi).

Sementara itu menurut halaman dukungan Google mengenai Advertising ID/ID Iklan, perubahan ini akan dimulai akhir tahun ini buat perangkat yang menjalankan Android 12, dilanjut awal tahun 2022 untuk semua perangkat yang mendukung Google Play Service.

%d blogger menyukai ini: