Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Google Pixel 8 Terbaru, Dukung Staggered HDR dan Pakai Sensor Samsung ISOCELL GN2

rumor google pixel 8
Sumber: Gizmodo Australia
Indri Penulis

Rumor Google Pixel 8 terbaru viral di jagat maya. Konon ponsel ini akan mendukung staggered HDR dan pakai sensor Samsung ISOCELL GN2.

Google resmi mendebutkan jajaran ponsel Google Pixel 7 Series pada bulan Oktober 2022. Seri ini terdiri dari ponsel Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.

Banyak penggemar yang menaruh ekspektasi tinggi pada jajaran Google Pixel 7 Series, khususnya soal fitur kamera. Sayangnya, Google Pixel 7 Series justru nggak membawa banyak pembaruan.

Sekarang tumpuan harapan penggemar ada pada Google Pixel 8 Series. Nah kabar baiknya, rumor Google Pixel 8 Series siap menyaijikan peningkatan kamera yang signifikan.

Rumor Google Pixel 8 Sajikan Peningkatan Kamera

Ponsel Google Pixel termasuk yang pertama mendukung fitur fotografi HDR+. Menurut leaker Kuba Wojciechowski lewat akun Twitter-nya, Google Pixel 8 Series akan mendukung fitur yang jauh lebih canggih dari pendahulunya.

rumor google pixel 8
Sumber: Twitter/Kuba Wojciechowski

Kuba Wojciechowski mendapat bocoran di atas dari kode sumber di aplikasi Google Camera Go. Aplikasi tersebut mengungkapkan bahwa ponsel Google Pixel 2023 (yang dimaksud Pixel 8 Series) akan mendukung staggered HDR.

Buat yang belum tahu, staggered HDR adalah teknologi yang memungkinkan sensor menangkap eksposur berbeda. Proses penangkapan beberapa eksposur itu dilakukan secara bersamaan dengan piksel yang sama.

Fyi, saat ini Google masih menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN1 di Pixel 7 Series. Walau ISOCELL GN1 mungkin jadi salah satu sensor kamera ponsel tercanggih saat ini, tapi sensor tersebut belum mendukung staggered HDR.

google pixel 8 rumor
Sumber: Twitter/Kuba Wojciechowski

Nah diharapkan, Google Pixel 8 Series akan beralih menggunakan sensor Samsung ISOCELL GN2. Sensor tersebut digadang-gadang akan mendukung staggered HDR, dan teknologi baru dalam fotografi mobile high dynamic range.

Kalau Google Pixel 8 Series benar-benar mendukung staggered HDR, ini jelas kabar bagus. Soalnya staggered HDR jauh lebih bagus dibanding HDR biasa. Kenapa?

Baca Juga:  Terungkap! Chipset Terbaru Google Bernama “Tensor G2”

Soalnya staggered HDR diklaim mampu menghasilkan efek yang sama dalam waktu super singkat. Hasilnya jepretan yang dihasilkan juga nggak blur, walaupun ponsel bergerak saat mengambil gambar.

Sementara itu, kode sumber aplikasi Go juga mengungkapkan perangkat lain. Secara internal, perangkat tersebut disebut Pixel Tangor Pro. Kemungkinan besar, Pixel Tangor Pro adalah versi Pro dari Google Pixel Tablet.

Google saat ini belum meluncurkan daftar apa pun di bawah merek Pixel. Informasi terbaru yang berhasil saya dapatkan beberapa waktu lalu adalah soal prototipe tablet Google Pixel.

Prototipe tersebut muncul di situs Facebook Marketplace. Kamu bisa baca artikel saya, “Prototipe Tablet Google Pixel Muncul di Facebook, Adopsi Bezel Super Tebal!” untuk melihat seperti apa penampakan tablet pertama Google itu.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]