Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: iPhone 15 Ultra Akan Punya Kamera Depan Ganda

gambar kamera depan iphone 14 pro
Gambar: Apple
Anom Penulis

Keriuhan iPhone 14 belumlah usai. Apalagi soal lini iPhone 14 Pro dengan Dynamic Island-nya. Namun rumor iPhone 15 sudah mulai berhembus dan cukup bombastis. Kabarnya, iPhone 15 Ultra akan memiliki kamera depan ganda.

Ya. Ada spekulasi dari Mark Gurman yang menyebutkan kalau iPhone versi Pro Max akan berubah nama menjadi Ultra. Hal ini diduga akan terjadi seiring Apple menambah perbedaan yang lebih jauh dari semua lini iPhone.

Dugaannya, versi mendatang meliputi iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Ultra. Penamaan yang lebih senada dengan Apple Watch dan Apple Silicon.

Sebagai varian yang paling canggih, iPhone 15 Ultra tentu akan memiliki semua kelebihan yang bisa diberikan Apple. Hal yang mungkin mendorong rumor terbaru ini.

Rumor Kamera Depan iPhone 15 Ultra

Leaker Majin Bu menyebutkan di Twitter bahwa berdasar sumbernya, iPhone 15 Ultra mendatang akan hadir dengan dua kamera depan. Selain itu, iPhone paling canggih itu juga akan menggunakan colokan USB-C dan kapasitas penyimpanan mulai dari 256GB.

Di sisi lain, versi di bawahnya, iPhone 15 Pro, juga akan menggunakan USB-C, tapi tetap punya satu kamera depan dan tersedia dengan kapasitas penyimpanan mulai 128GB.

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu kita perhatikan bahwa modul kamera depan alias True Depth Camera iPhone saat ini juga memiliki dua kamera. Yang satu adalah kamera FaceTime untuk memotret atau merekam video, yang satu lagi adalah kamera infra merah yang membantu berbagai fitur kamera (termasuk Face ID).

Baca Juga:  Google Pixel 6a Resmi Hadir untuk Saingi iPhone SE (2022)
modul kamera depan iphone 14 pro max

Jadi kemungkinan besar, rumor ini berhubungan dengan kamera lain yang berguna untuk memotret. Sebuah fitur yang sudah dimiliki ponsel Android cukup lama. Misalnya ponsel Samsung Galaxy A8 di tahun 2018.

Yah, kasusnya sama dengan lubang kamera di depan yang juga sudah dimiliki oleh ponsel Android sejak lama. Walau Apple memberikan twist tersendiri dengan Dynamic Island.

Bisa jadi ini sekedar rumor liar semata. Namun cukup masuk akal jika kita hubungkan dengan spekulasi bahwa Apple akan membedakan fitur antar varian iPhone lebih jauh.

Toh untuk hal ini mungkin baru akan bisa kita lihat kepastiannya di masa mendatang. Masih terlalu dini untuk memastikannya.

Bagaimana Dengan USB-C?

Di sisi lain, rumor penggunaan colokan USB-C lebih masuk akal. Karena rumor ini sudah pernah disebutkan oleh Ming-Chi Kuo dan diduga akan hadir pada tahun 2023.

Hal ini juga cocok dengan proposal Komisi Eropa untuk kebijakan penyeragaman colokan perangkat elektronik. Tentu sebuah syarat yang layak dipertimbangkan oleh Apple mengingat berhubungan dengan pasar di satu benua.

Kalau iPhone memang ganti menggunakan colokan USB-C, mungkin tidak sedikit yang merasa lega karena bisa lebih fleksibel menggunakan charger.

Tapi tentu, sekali lagi, ini masih berupa rumor. Sudah banyak rumor iPhone sebelum ini yang kurang tepat. Bahkan jika itu dari leaker yang populer.

Hm, kalau iPhone 15 Ultra memang memakai kamera depan ganda, kira-kira Apple akan menambah gimmick apa ya?