Samsung Resmi Umumkan Sensor Kamera 50MP ISOCELL GN1

sensor kamera 50mp samsung isocell gn1

Setelah rumor hadir, Samsung secara resmi mengumumkan sensor kamera 50MP terbaru mereka, ISOCELL GN1. Perang megapixel terus berlanjut!

Dalam beberapa tahun terakhir, Sony mungkin merupakan pemasok sensor kamera untuk smartphone yang paling populer. Namun Samsung kemudian hadir menyaingi mereka dengan beberapa sensor kamera yang tidak kalah maut.

Seperti pernah kami bahas sebelumnya, Samsung memiliki sensor kamera 64MP ISOCELL GW1 dan 108MP ISOCELL Bright HMX. Dua sensor kamera ini cukup menghebohkan dunia teknologi.

Setelah dua sensor dengan kemampuan monster itu, Samsung mengumumkan sensor kamera 50MP ISOCELL GN1 yang lebih kecil. Lalu apa kemampuan sensor ini?

sensor ISOCELL GN1

Dual Pixel Autofocus

Teknologi ini (juga dikenal dengan istilah dual pixel PDAF) sudah hadir di kamera DSLR dan mirrorless. Teknologi ini juga pertama diperkenalkan di smartphone Samsung Galaxy S7. Tapi yang menarik, teknologi ini justru tidak diterapkan di sensor 108MP milik Samsung.

Dengan dual pixel autofocus, sensor kamera bisa melakukan fokus pada obyek lebih cepat dan akurat. Hal ini terjadi karena sensor memanfaatkan semua pixel aktif untuk melakukannya. Proses pencarian fokus juga akan lebih optimal untuk kondisi cahaya rendah atau redup.

Teknologi Tetracell

Sensor kamera 50MP dari Samsung ini juga mendukung teknologi Tetracell, yang sebelumnya hadir di ISOCELL GW1 dan Bright HMX.

Teknologi ini akan mengikat (binning) informasi empat pixel menjadi satu. Teknologi ini bisa meningkatkan ukuran pixel menjadi dua kali lipat (dari 1,2 µm jadi 2,4µm), dan meningkatkan sensitivitas cahaya jadi empat kali lipat. Selain gambar lebih tajam, kemampuan mencari fokus juga meningkat.

Fitur Lain

Selain kedua teknologi di atas, Samsung juga menyebutkan kalau sensor kamera ini mendukung Smart ISO yang mampu memilih ISO terbaik sesuai kondisi, real-time HDR untuk gambar lebih tajam, dan EIS berbasis gyro yang mampu mengambil foto dan video lebih stabil walau ketika bergerak.

Belum ada informasi lebih jauh soal apa saja ponsel yang akan memakai sensor kamera baru Samsung ini. Namun Samsung menyebutkan kalau sensor ini akan mulai diproduksi secara massal pada bulan ini.

%d blogger menyukai ini: