Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Mac Pro M2 Extreme Batal, Faktor Biaya Jadi Kendala Utama!

mac pro m2 extreme batal
Sumber: YM Cinema
Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan bahwa Mac Pro M2 Extreme batal dibuat. Faktor biaya dan kompleksitas kabarnya yang menjadi alasan utamanya.

Di tahun 2022, Apple sukses mengguncang industri teknologi dengan berbagai produk anyar. Yah katakanlah seperti jajaran iPhone 14 Series, MacBook Air M2, MacBook Pro 13 inci 2022, dll.

Sebentar lagi tahun 2023, dan Apple dipastikan telah menyiapkan berbagai perangkat generasi baru. Yah diharapkan di tahun 2023 kita akan melihat jajaran iPhone 15 Series, MacBook Pro 2023, dan beberapa perangkat terbaru lainnya.

Salah satu produk yang digadang-gadang akan diluncurkan Apple tahun depan adalah Mac Pro dengan chip M2 Extreme. Tapi sayangnya menurut rumor terbaru, Mac Pro M2 Extreme batal rilis. Lalu apa alasannya?

Alasan Mac Pro M2 Extreme Batal Rilis, Gara-Gara Biaya?

Rumor Mac Pro 2023 memang sudah cukup lama. Awalnya, Mac Pro 2023 akan ditenagai prosesor M2 Ultra. Tapi laporan terbaru mengatakan kalau perangkat tersebut akan dibekali prosesor M2 Extreme.

Pertengahan Desember ini, muncul lagi gosip terbaru soal Mac Pro 2023. Menurut gosip dari Bloomberg, Mac Pro M2 Extreme terancam batal rilis tahun depan.

mac pro m2 extreme batal
Sumber: Notebook Check

Bloomberg melaporkan ada beberapa alasan kenapa Apple terpaksa menunda produksi Mac Pro. Pertama, yakni karena masalah proses pembuatannya. Disebut-sebut Mac Pro dengan chip M2 Extreme sangat rumit pembuatannya.

Sementara itu alasan kedua yang paling masuk akal adalah soal biaya. Konon selain super rumit, pembuatan Mac Pro M2 Extreme juga sangat mahal.

Karena biaya produksinya super mahal, Apple jadi ragu. Kira-kira konsumen mau nggak kalau misalnya disuruh membayar $10.000 atau sekitar Rp untuk Mac Pro generasi terbaru. Kalau pun ada, tentunya yang mampu membeli Mac Pro cuma kalangan tertentu saja.

Baca Juga:  Update iOS 16.2 Resmi Rilis, Tawarkan Apple Music Sing dan Fitur Keamanan yang Lebih Canggih

Di sisi lain, Apple digadang-gadang bakal memilih Vietnam sebagai tempat produksi perangkat barunya. Apalagi selama setahun terakhir, Apple sudah melakukan eksperimen dengan memproduksi beberapa produk seperti Apple Watch dan MacBook di Vietnam.

Kalau itu terjadi, hal tersebut bisa menjadi langkah besar bagi perusahaan. Soalnya Apple sama saja memindahkan mayoritas proses produksi ke luar China.

Sementara itu di luar Mac Pro, sebenarnya Apple juga telah menyiapkan banyak produk baru. Contohnya Mac Mini baru dan MacBook Pro generasi terbaru.

Saya sendiri sudah pernah membahas soal MacBook Pro 2023. Menurut kabar yang beredar, laptop ini akan hadir dalam dua ukuran yakni model 14 inci dan 16 inci. Kabarnya masing-masing dari mereka akan ditenagai chip M2 Pro dan M2 Max.

Lebih lanjut, laptop MacBook Pro 2023 diprediksi siap debut pada awal tahun depan. Kalau Mac Pro dan Mac Mini juga tiba tahun depan, mungkin bakal seru deh. Tapi tetap saja, kita masih perlu menunggu informasi resmi dari Apple.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]