Rumor: Xiaomi Kembangkan Ponsel dengan Kamera 192MP

Gosip terbaru mengatakan bahwa Xiaomi sekarang ini sedang mengembangkan ponsel dengan resolusi kamera 192MP dan dukungan 16-in-1 binning.

Dalam ketatnya persaingan di industri smartphone, rasanya nggak aneh kalau para pembuat smartphone bersaing untuk menawarkan spesifikasi mengesankan pada produknya. Mulai dari pemakaian chipset unggulan, layar resolusi terbaik, sampai menyajikan resolusi kamera yang makin besar.

Bicara soal resolusi kamera yang kian besar (khususnya di jajaran ponsel flagship), beberapa perusahaan mulai mengembangkan sensor kamera berukuran besar.

Rumor terbarunya (dilansir dari Digital Chat Station), saat ini Xiaomi tengah mengerjakan ponsel dengan kamera 192MP.

Sensor ini akan memiliki resolusi 192MP dan mendukung 16-in-1 pixel binning, yang menghasilkan resolusi output 12MP. Dengan cropping (alih-alih binning), sensor ini harusnya mendukung 4x native zoom, dan digadang-gadang mampu menawarkan digital zoom berkualitas tinggi dari 1x – 4x.

Di sisi lain dengan pemakaian kamera 192MP ini, otomatis ponsel butuh banyak tenaga. Kemungkinan besar ponsel tersebut akan ditenagai oleh chipset penerus Snapdragon 888 (rumornya chipset ini punya nomor kode “SM8450”).

Chipset tersebut dibuat dengan arsitektur 4nm dan bakal menampilkan generasi berikutnya dari CPU Kryo 780 (berdasarkan arsitektur ARMv9 terbaru), GPU Adreno 730 baru, GPU Spectra 680 generasi berikutnya, dan modem X65 5G terbaru.

Selain bocoran spesikasi jeroannya, Digital Chat Station juga sempat menyinggung sedikit informasi soal desain ponsel yang tengah dikembangkan Xiaomi itu.

Ponsel ini akan memiliki sisi yang “sangat melengkung” dan punch hole tunggal. Jadi itu artinya, ponsel ini belum menggunakan mekanisme under-display camera.

Sementara itu, rumor soal pemakaian sensor 192MP pada ponsel bukan pertama kali ini terjadi. Tahun lalu, LG juga dirumorkan dengan hal yang serupa. Tapi belum sempat ponsel tersebut jadi (atau minimal dikonfirmasi), LG keburu out dari industri smartphone.

%d blogger menyukai ini: