RESMI! Akhirnya LG Keluar Dari Bisnis Smartphone Dunia

logo LG

LG akhirnya mengumumkan kalau mereka menutup bisnis smartphone di seluruh dunia. LG pun secara resmi keluar dari salah satu gelanggang yang paling riuh di dunia teknologi.

Berbagai rumor soal cabutnya LG dari pasar smartphone memang sudah berhembus terlebih dulu. Ironisnya, rumor itu muncul paska mereka memamerkan smarphone fenomenal dengan layar gulung, LG Rollable.

Pengumuman LG

LG secara resmi mengumumkan keputusan mereka melalui situs resmi. Dalam pernyataannya itu, LG menyebutkan bahwa keluarnya mereka dari pasar smarphone memungkinkan mereka “memfokuskan sumber daya pada bidang yang sedang berkembang, seperti komponen mobil listrik, integrasi antar perangkat, smart home, teknologi robotik, artificial intelligence, dan solusi bisnis, termasuk platform dan layanan.”

LG juga mengatakan kalau berbagai smartphone yang ada saat ini masih dijual. LG akan terus memberikan dukungan dan pembaruan perangkat lunak pada konsumen smartphone LG. Hanya saja janga waktu dukungan itu akan bervariasi, tergantung pada wilayah tempat ponsel bersangkutan tersedia.

Penutupan bisnis smartphone LG akan mencapai tahap akhir pada tanggal 31 Juli 2021, walau seperti yang mereka katakan, smartphone yang ada masih tersedia.

Gugurnya Salah Satu Raksasa Ponsel

Sejarah sudah mencatat bahwa LG pernah menjadi raksasa di dunia smartphone. Bersama HTC dan Samsung, mereka bersinar di awal perkembangan Android.

Yang jelas, LG berhasil meninggalkan jejak yang jelas sepanjang sejarah. Google pernah merilis ponsel Nexus hasil buatan LG, yaitu Nexus 4, Nexus 5, dan Nexus 5X. Smartphone seperti LG V20 dan V30 juga mendapat pujian.

Namun, inovasi LG yang “terlalu” berani juga sering beresiko tinggi. Misalnya konsep ponsel modular di LG G5. Di sisi lain, LG tetap berhasil jadi perbincangan dengan inovasi unik mereka, seperti pada pengumuman LG Wing dan Rollable.

Tentu, gempuran smartphone produksi Cina juga menjadi faktor penentu. Berbagai merek seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, OnePlus, atau realme menghadirkan ponsel dengan spesifikasi menarik dan harga yang relatif terjangkau.

Persaingan di dunia smartphone memang terbukti keras. Tidak sedikit nama besar tumbang atau surut dari beberapa wilayah dunia. LG menjadi salah satunya. Pertanyaannya, siapa berikutnya?

%d blogger menyukai ini: