Benarkah Samsung akan Kenalkan Sensor Kamera 200MP?

Samsung dirumorkan bakal memperkenalkan sensor kamera 200MP. Benarkah itu, dan kapan kira-kira kita bisa melihat sensor ini?

Sensor kamera hingga beratus-ratus piksel sekarang ini memang sedang ngetren. Apalagi di beberapa ponsel flagship yang mayoritas sudah mulai memakai sensor 108MP.

Baru-baru ini ada beberapa vendor smartphone yang kabarnya bakal mendebutkan sensor kamera yang lebih besar. Salah satunya Samsung yang katanya akan merilis sensor kamera 200MP dalam waktu dekat.

Rumor Sensor Kamera 200MP Samsung

Kabar ini pertama kali dibocorkan oleh leaker terkenal, Ice Universe lewat akun Twitter-nya. Akun tersebut mengklaim kalau Samsung berencana meluncurkan banyak sensor baru tahun ini.

Akun tersebut juga mengklaim jika sensor pertama yang akan diluncurkan dalam waktu dekat berukuran 200MP. Sayangnya itu saja yang dibeberkan oleh Ice Universe. Tidak ada keterangan lebih lanjut lagi.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Samsung dikabarkan bakal merilis sensor yang lebih besar. Contohnya pada Maret 2020 lalu, perusahaan rumornya akan mengeluarkan sensor 150MP.

Kemudian lanjut di bulan April 2020. Perusahaan kabarnya bakal merilis sensor kamera 600MP. Kemampuan sensor ini digadang-gadang bakal melebihi mata manusia.

Masih di bulan yang sama, perusahaan juga disebut-sebut bakal mendebutkan sensor 250MP. Namun hingga kini belum ada kejelasan dari mereka semua.

Sementara itu dalam beberapa tahun terakhir ini, sensor kamera di smartphone memang menjadi salah satu perhatian utama. Bahkan mayoritas orang yang membeli smartphone bakal melihat ukuran kamera lebih dulu, dibanding spesifikasi lain.

Maka dari itu, rasanya wajar kalau vendor smartphone ingin menciptakan sensor kamera yang lebih besar. Tapi khusus untuk Samsung, perusahaan satu ini sepertinya punya pandangan yang lebih luas.

Visi perusahaan adalah menciptakan sensor yang bisa dipakai di bidang lain seperti kesehatan, pertanian, IoT, drone, dan otomotif. Jadi kalaupun nanti sensor-sensor di atas benar-benar rilis, mereka belum tentu bakal dipakai untuk smartphone.

%d blogger menyukai ini: