Rumor: Samsung Akan Rilis Sensor Kamera 50MP

sensor kamera samsung

Perang megapixel di sensor kamera smartphone terus berlanjut. Rumor terbaru menyebutkan kalau Samsung kemungkinan akan merilis sensor kamera 50MP untuk menyaingi Sony. Kok malah mundur? Makanya, baca ulasan di bawah ini…

Saat ini, Samsung sudah memiliki beberapa sensor kamera. Mulai dari 48MP, 64MP, sampai 108MP. Sensor tersebut sudah dipakai di berbagai merek smartphone. Bahkan Xiaomi merupakan yang pertama memakai sensor 108MP, sebelum hadir di ponsel Samsung Galaxy S20.

Menurut Ice Universe, si kucing tukang gosip tekno, Samsung akan merilis sensor kamera 50MP dengan perkiraan ukuran 1/1,3 inci. Sensor ini memiliki ukuran pixel yang lebih besar dari si monster 108MP yang punya ukuran 1/1,33 inci.

Dengan perkiraan spesisikasi tersebut, Samsung diduga ingin menyaingi sensor Sony IMX700 50MP dengan ukuran 1/1,28 inci. Sensor Sony ini sebelumnya hadir di seri ponsel Huawei P40.

Teorinya, ukuran pixel yang lebih besar ini memungkinkan sensitivitas cahaya lebih tinggi. Dengan begitu, bisa menghasilkan foto dan video yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup. Teorinya.

Namun perang megapixel ini tidak akan berjalan ideal kalau tidak disertai oleh program pengolahan gambar yang optimal.Β  Sayangnya, kasus seperti ini justru hadir di ponsel Samsung Galaxy S20 (sebagai contoh kamu bisa baca komentar di tweet yang membalas bocoran Ice Universe). Di sisi lain, Xiaomi Mi Note 10 kelihatannya baik-baik saja.

Toh, Google berhasil membuktikan hal itu melalui lini ponsel Pixel. Dengan computational photography, mereka bisa duduk di jajaran puncak ponsel dengan kamera terbaik. Bahkan tanpa perangkat keras yang “wow”.

Selain tweet dari Ice Universe, belum ada informasi lebih jauh mengenai sensor kamera 50MP dari Samsung ini. Termasuk juga ponsel apa yang akan memakainya. Kemungkinan besar sensor ini bisa dipakai di ponsel kelas menengah (naik kelas dari 48MP).

%d blogger menyukai ini: