[UPDATE] Rumor Xiaomi Mi A2 Beserta Buktinya

Xiaomi Mi A1 android one

Xiaomi Mi A1 adalah smartphone yang merebut perhatian dan menjadi salah satu handphone paling populer. Penerus Xiaomi Mi A1 tentu sangat dinanti. Belum lama ini beredar rumor Xiaomi Mi A2, beserta bukti bahwa penantian itu hampir usai [Ada UPDATE di bawah].

Bukti itu hadir sebagai hasil investigasi @FunkyHuawei, orang dibalik funkyhuawei.club. Ia membagi temuannya itu dengan blog xda-developers.

Bukti ini dibangun berdasarkan dua hal. Pertama, bagaimana handphone Xiaomi dirilis di Cina dan di dunia. Lalu kedua, kode nama yang berhubungan dengan handphone Android One.

Melihat kedua hal itu, memang sulit dipungkiri kalau ini adalah penerus Xiaomi Mi A1.

Xiaomi Mi 6X di Cina

Belum lama ini Xiaomi merilis handphone Mi 6X di Cina. Sebuah handphone dengan layar 5,99 inci, prosesor Snapdragon 660, kamera ganda 20MP + 12MP di belakang, dan kamera depan 20MP. Handphone kelas menengah yang keren dengan fitur menggiurkan.

Melihat proses rilis Xiaomi Mi A1, pada dasarnya handphone itu merupakan perubahan dari handphone Xiaomi Mi 5X. Jadi, wajar kalau Xiaomi Mi 6X diasumsikan akan menjadi dasar penerus Xiaomi Mi A1.

xiaomi mi 6x
Penampilan Xiaomi Mi 6X

Kode Nama “jasmine_sprout”

Saat belum dirilis, Xiaomi Mi A1 memiliki nama kode “tissot_sprout”. Tambahan “sprout” di bagian belakang mengindikasikan kalau perangkat itu menjadi bagian dari program Android One.

Sebuah firmware baru muncul. Kode namanya adalah “jasmine_sprout”. Walau firmware itu belum resmi, terdapat beberapa indikasi menarik berhubungan dengan penerus Xiaomi Mi A1. Seperti tidak adanya sistem MIUI, adanya berkas Android One experience, dan dukungan untuk update berkala.

Cuplikan firmware jasmine_sprout (foto: XDA Developers)

Sayangnya, tidak ada nama perangkat yang jelas selain kode nama tersebut. Yah, tentu saja, sangat masuk akal kalau namanya Xiaomi Mi A2. Apalagi? Masak ya mau langsung ganti nama?

Menggabungkan dua temuan itu merupakan indikasi kuat bahwa Xiaomi Mi A2 akan menggunakan desain Xiaomi Mi 6X dan sudah memiliki firmware yang dikembangkan.

Bagaimanapun CEO Xiaomi, Lei Jun, juga sudah menyatakan kalau akan ada lagi handphone Xiaomi yang masuk program Android One. Termasuk handphone Redmi Android One. “Yes, we plan to have more Android One devices. Some of our users in India seem to like stock Android, and we are willing to bring in more devices with Android One including the Redmi series.”

Bagaimanapun, kehadiran penerus Xiaomi Mi A1 akan tetap dinanti. Dengan rumor Xiaomi Mi A2 ini, kalau kamu tertarik, kamu bisa mempertimbangkannya (dan menabung). Kalau benar, tinggal eksekusi. Bukankah begitu?

Update

Varian Penyimpanan dan Warna Xiaomi Mi A2

Rumor terbaru menyebutkan pilihan warna perangkat ini. Berdasarkan bocoran di MySmartPrice, Xiaomi berencana merilis Mi A2 di Spanyol pada tanggal 25 Juli 2018. Mungkin setelah itu menyusul negara lainnya.

Kemudian, handphone yang akan keluar memiliki pilihan warna emas, biru, dan hitam. Lalu untuk kombinasi RAM dan penyimpanan, tersedia pilihan: 4GB+32GB, 4GB+64GB, 4GB+128GB, dan 6GB+128GB.

Bocoran varian Xiaomi Mi A2
Bocoran varian Xiaomi Mi A2 (Foto: MySmartPrice)
%d blogger menyukai ini: