Samsung Rilis Galaxy Quantum 2 di Korea, Calon Galaxy A82 di Pasar Global

Samsung sudah mengumumkan ponsel terbarunya, Samsung Galaxy Quantum 2, yang nantinya bakal jadi Samsung Galaxy A82 untuk pasar global.

Dilansir dari Android Police, baru-baru ini, operator Korea Selatan SK Telecom, mengumumkan secara resmi bahwa Galaxy Quantum 2 sudah siap untuk pre-order. Ponsel ini merupakan penerus Quantum (versi pertama).

Quantum seri pertama itu sendiri adalah versi modifikasi dari Galaxy A71, dan juga merupakan ponsel eksklusif SK Telecom tahun lalu.

Lalu bagaimana spesifikasi yang ditawarkan Quantum 2? Apa hubungannya dengan Galaxy A82?

Keunikan Galaxy Quantum 2

Quantum 2 memiliki fitur chip khusus bawaan untuk quantum random number generator. Chip QRNG ini berguna untuk aplikasi perbankan atau transaksi lainnya. Samsung bekerja sama dengan bank lokal untuk pemakaian kode dari chip ini dalam aplikasi mereka.

Perangkat ini juga bakal memakai prosesor Snapdragon 855+ (sama seperti bocoran Galaxy A82 sebelumnya). Ponsel ini juga memiliki RAM 6GB, penyimpanan 128GB dan pembaca kartu MicroSD.

Sumber Gambar : Android Police

Untuk spesifikasi lainnya, Quantum 2 mengemas beberapa fitur yang sama seperti Galaxy A pada umumnya. Seperti memakai layar 6,7 inci dengan panel AMOLED 1440p, refresh rate 120Hz dan pembaca sidik jari dalam layar.

Beralih ke spesifikasi kamera, smartphone ini punya tiga kamera belakang yang terdiri dari 64MP sensor utama + 12MP ultrawide + 5MP makro. Sedangkan kamera depannya berukuran 10MP.

Dalam bodinya yang besar, ponsel ini akan ditenagai baterai 4.500mAh. Namun belum jelas, apakah ponsel ini mendukung pengisian nirkabel dan tahan air atau tidak.

Untuk harga, SK Telecom menjual Galaxy Quantum 2 dengan harga 699.600 won atau sekitar $620.

Calon Galaxy A82

Kenapa Galaxy Quantum 2 digadang-gadang bakal menjadi Galaxy A82 di versi global? Alasannya karena Quantum 2 memiliki nomor model SM-A826S. Nomor seri itu jelas menunjukkan A82. Jadi tidak salah kalau kedua seri Galaxy itu punya model yang sama.

Selain itu, nomor seri tersebut juga memberi konfirmasi kalau Samsung tak akan meluncurkan seri A81, tapi langsung melompat ke seri A82.

Tapi kalau dilihat dari spesifikasinya, Galaxy A82 berbeda jauh dengan pendahulunya Galaxy A80. Apalagi urusan konstruksi kamera.

Galaxy A80 hadir dengan kamera putar, sehingga tak ada punch-hole untuk kamera selfie di layar depan. Beda dengan Galaxy A82 yang memakai punch-hole di layar atas. Selain itu dibanding A80, A82 memakai ukuran layar dan tingkat kamera yang sama, baterai lebih kecil, dan penyimpanan yang sama.

Jadi buat kamu yang menunggu seri A82, silakan tunggu rilis global dari Samsung. Tapi seperti bisa dilihat di atas, jangan berharap ada desain kamera putar lagi.

%d blogger menyukai ini: