Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Patenkan Trademark “Z Slide” – Buat Apa Lagi Ini?

Indri Penulis

Samsung kembali daftarkan trademark anyar dengan nama “Z Slide.” Buat perangkat apa nih? Smartphone, tablet, atau apa ya?

Beberapa waktu lalu, Samsung kedapatan mendaftarkan merek dagang dengan nama “Z Roll.” Hal tersebut mengisyaratkan kalau perusahaan chaebol itu tengah mengerjakan perangkat dengan layar yang bisa ‘digulung/diperpanjang.’

Menariknya setelah mendaftarkan “Z Roll,” Samsung kembali mendaftarkan merek dagang dengan nama berbeda yakni “Z Slide” di European Intellectual Property Office.

Kalau dilihat dari namanya, sepertinya trademark itu bakal dipakai buat ‘entri lain’ dari jajaran perangkat Samsung Galaxy ‘Z.’ Apalagi trademark tersebut ada di bawah Class 9, menandakan kalau dia bakal dipakai buat smartphone, perangkat terlekomunikasi, atau komputer tablet.

Sumber Gambar : GSMarena

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya tentang apa bedanya “Z Roll” sama “Z Slide.” Jujur sampai artikel ini ditulis, belum ada informasi tambahan soal “Z Slide.”

Tapi situs LetsGoDigital memprediksi kalau “Z Slide” bakal dipakai buat smartphone dengan layar yang bisa diperpanjang secara vertikal. Sedangkan “Z Roll” bakal dipakai buat ponsel dengan layar yang bisa mengembang secara horizontal.

Yah kalau mau diumpamakan, “Z Slide” mungkin semacam ponsel Galaxy Z Flip dengan layar gulung. Sementara “Z Roll” adalah versi Galaxy Z Fold yang layarnya bisa digulung.

Di sisi lain sebelum mendaftarkan trademark, Samsung Display telah memamerkan beberapa perangkat layar gulung di acara SID 2021. Salah satunya adalah perangkat dengan layar yang bisa dilipat jadi tiga bagian. Diprediksi, perangkat ini bakal dipasarkan dengan nama Galaxy Z Fold S.

Dalam pengumumannya, Samsung juga turut memamerkan konsep laptop tanpa bezel miliknya. Teknologi ini membuat laptop Samsung dapat menyembunyikan webcam-nya di dalam layar. Membuatnya jadi laptop pertama dengan kamera di bawah layar (kalau tak ada perusahaan lain yang merilis produk serupa lebih dulu).

Baca Juga:  Keren! Fitur Kamera Asli Samsung Galaxy S22 Bisa Dipakai di Media Sosial

Sementara itu, di bulan Agustus ini Samsung diprediksi bakal umumkan Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2 (atau Z Flip 3).

Buat kamu yang udah nggak sabar melihat perangkat layar gulung Samsung versi aslinya, mungkin perlu sabar. Karena perusahaan diprediksi tak akan menghadirkan produk layar gulung tahun ini, bisa jadi nanti tahun 2022.