Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Samsung “Konfirmasi” S Pen di Galaxy S22 Ultra dan Hapus Lini Note

Anom Penulis

Indikasi bahwa Samsung akan menghapus lini Galaxy Note, lalu mengintegrasikan S Pen ke seri Galaxy S22 semakin kuat. Paling tidak, itulah isyarat yang muncul dari pernyataan TM Roh, pimpinan MX Business Samsung Electronics.

Rumor Samsung menghapus Galaxy Note sudah hadir sejak tahun 2020. Kemudian, pada tahun 2021, Samsung menyematkan fitur S Pen ke seri Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Z Fold3, juga tidak merilis Galaxy Note 21.

popculture.id

Samsung selalu memberikan pernyataan yang kabur soal penghapusan Galaxy Note. Kala itu, mereka hanya menyatakan akan “membawa fitur Note secara lebih luas ke perangkat Galaxy lain.”

Pernyataan TM Roh

TM Roh memberikan pernyataan di situs resmi menjelang perilisan seri Galaxy S22. Walau juga masih agak kabur, namun kali ini permainan kata-kata diplomatis yang ada lebih mengindikasikan penghapusan lini Note. Paling tidak memastikan kalau Galaxy S22 Ultra mendapat fitur S Pen.

At Unpacked in February 2022, we’ll introduce you to the most noteworthy S series device we’ve ever created. The next generation of Galaxy S is here, bringing together the greatest experiences of our Samsung Galaxy into one ultimate device.

TM Roh, President & Head of MX Business, Samsung Electronics

Perhatikan kata “noteworthy” di sana. Tentu bukan tanpa alasan kenapa istilah itu dipakai. Secara utuh, “most noteworthy S series” juga mengindikasikan perangkat paling canggih di lini itu, yaitu Galaxy S22 Ultra.

Pada akhir tulisannya, TM Roh juga menyebutkan, “And, yes, you will help Samsung rewrite the future of smartphones once again.” Lalu memberikan kalimat penutup, “Get ready for the ultimate Ultra experience.”

Lagi-lagi, ada istilah “rewrite” yang mengindikasikan “menulis” (fitur S Pen di Note) dan dengan jelas ada kalimat “Ultra” sebagai penutup. Jadi ya, bisa kita pastikan Samsung Galaxy S22 Ultra akan memiliki S Pen.

S Pen di Seri Galaxy S dan Fold

Tentu, kalau kamu mengikuti perkembangan berita Samsung, kamu sudah melihat berbagai bocoran ponsel seri Galaxy S22. Kamu bisa melihat dari gambar render yang tersebar di internet kalau Samsung Galaxy S22 punya desain yang mirip Note dan memiliki fitur S Pen.

Jadi, nampaknya mulai saat ini fitur paling khas dari Galaxy Note, yaitu S Pen, akan hadir di seri paling canggih smartphone Samsung. Smartphone itu adalah seri Galaxy S versi Ultra dan Galaxy Z Fold.

Dengan begitu, nampaknya acara Samsung Unpacked yang hadir dua kali setahun akan berubah formatnya. Seperti di tahun 2021, formatnya akan menjadi: Awal tahun untuk seri Galaxy S, dan pertengahan tahun untuk ponsel lipat (Galaxy Z Fold dan Flip).

Sekali lagi, mungkin sudah banyak yang menduga hal ini akan terjadi. Namun pernyataan TM Roh ini bisa menjadi indikasi kuat. Nah, kalau kamu penggemar fitur S Pen, silakan pilih. Mau yang berbentuk standar atau yang lipat?

    %d blogger menyukai ini: