Samsung Umumkan Monitor Dengan Webcam Pop-up

Tuntutan akan kamera di perangkat komputer memang semakin tinggi. Menjawab hal itu, Samsung Electronics meluncurkan Webcam Monitor S4 (S40VA) yang punya kamera dengan mekanisme pop-up.

Dulu, kehadiran kamera di komputer lebih banyak kita temui pada laptop. Untuk komputer desktop, biasanya monitor hanya berfungsi untuk menampilkan gambar saja. Kita harus membeli webcam secara terpisah untuk kebutuhan itu.

Namun seiring waktu, kebutuhan untuk pertemuan online meningkat. Terutama setelah pandemi Covid-19 melanda. Kini webcam pun sudah menjadi kebutuhan standar.

Samsung menambah jajaran monitor mereka dengan produk baru yang mereka sebut sebagai Webcam Monitor S4 (S40VA).

Monitor ini memiliki berbagai fitur built-in yang dibutuhkan untuk pertemuan online. Ada kamera di atas layar, ada mikrofon, dan ada pula speaker.

samsung webcam monitor s4

Layar monitor itu sendiri memiliki ukuran 24 inci dan resolusi Full HD (1920×1080) dengan sudut pandang 178°. Layar ini sudah memenuhi Video Electronics Standards Association (VESA), bebas flicker, punya tingkat blue-light rendah, dan bisa disesuaikan posisinya untuk kenyamanan pemakaian.

Tapi tentu saja bagian paling menarik adalah webcam yang ada di atas layar. Kamera ini memiliki mekanisme pop-up, seperti yang pernah tren di smartphone (dulu dipopulerkan oleh Vivo). Untuk mengoperasikannya, kamu tinggal menekan bagian kamera di atas layar.

Selain itu, webcam ini memiliki kualitas 2MP FHD dan punya fitur infra merah. Dengan begitu kamera juga memenuhi otentikasi biometrik pengenalan wajah Windows Hello. Samsung menyebutkan kalau pengguna bisa masuk ke sistem dalam waktu kurang dari 2 detik.

Seperti sudah disebut di atas, monitor ini juga punya built-in speaker, tepatnya 2W dual stereo speaker. Lalu, ada pula kelengkapan lain seperti colokan HDMI, Display Port, D-Sub, USB 3.0 dan colokan audio.

Samsung memang merupakan perusahaan yang aktif mengembangkan monitor. Beberapa di antaranya juga menarik. Misalnya Space Monitor yang fleksibel, juga berbagai monitor gaming.

Nah, untuk yang satu ini, Samsung menyebutkan kalau Webcam Monitor S4 (S40VA) tersedia di Amerika, Eropa, Korea Selatan, dan Asia Tenggara. Kalau tertarik, silakan kunjungi situs resmi Samsung.

%d blogger menyukai ini: