Kejadian Penting Dalam Sejarah Produk Google

Google mungkin merupakan perusahaan yang akan kita sebut nomor satu jika membicarakan dunia internet secara khusus atau dunia teknologi secara umum. Kali ini kami akan membahas beberapa kejadian penting dalam sejarah produk Google yang membawa perusahaan ini jadi seperti sekarang.

Eksistensi Google saat ini memang luar biasa. Mau cari sesuatu? Tanya “Mbah Google.” Mau kirim email? Pakai Gmail. Nonton video? Ada YouTube. Mungkin cuma di media sosial nama perusahaan ini sepi angin (di sini Facebook jadi raja).

Seperti perusahaan besar lain, Google sudah punya riwayat panjang. Bagaimanapun ia sudah berkecimpung di dunia lebih dari dua dasawarsa. Ada produk yang bertahan, ada pula produk Google yang ditutup.

Nah, yuk kita lihat kejadian apa saja yang berpengaruh pada sejarah Google.

Google Meluncur Ke Dunia

Pada bulan September 1998, Google menjadi sebuah perusahaan secara resmi. Ia mengawali langkahnya sebagai sebuah mesin pencari, menyaingi Yahoo! yang saat itu menjadi raja internet. Cukup menarik melihat penampilan sekarang masih membawa unsur website pertama Google dulu.

Yang menarik, pada tahun 2000 Yahoo! mengakui kalau pencarian Google lebih baik dan memakainya sebagai mesin pencari. Kemudian pada tahun 2002, Google menolak tawaran Yahoo! yang ingin membelinya senilai $3 milyar.

Google Meluncurkan Gmail

Google merilis Gmail secara resmi pada 1 April 2004. Penawaran kapasitas penyimpanan 1GB secara gratis segera menarik minat berbagai pengguna. Dulu, ketika kita bicara email, Yahoo! adalah nama menjadi standar. Kini Gmail-lah yang jadi jawara.

Google Maps Meluncur

Pada tanggal 8 Februari 2005, Google meluncurkan aplikasi Peta alias Maps. Saat itu, layanan ini baru hadir sebagai website semata. Baru ketika smartphone menjadi perangkat yang umum, Google Maps meraih sukses sebagai aplikasi peta nomor satu.

Google Membeli Android

Google membeli sebuah start-up bernama Android Inc. pada bulan July 2005. Pembelian ini disebut oleh David Lawee (dulu menjabat sebagai Vice President Google) sebagai “best deal ever.” Melihat sekarang Android menguasai pangsa smartphone dunia, pernyataan itu memang tidak salah. Android mungkin merupakan produk paling penting dalam sejarah Google.

Google Membeli YouTube

Pada tanggal 9 Oktober 2006 Google mengumumkan membeli YouTube. Berawal dari “sekedar” situs untuk berbagi video, YouTube kemudian mengambil visi “broadcast yourself” yang kemudian menjadi landasan hingga kini.

Google Merilis Ponsel Pixel

Google mengumumkan smartphone pertama mereka, Pixel, pada 4 Oktober 2016. Walau sebelumnya sudah memiliki lini Nexus sebagai “teladan” ponsel Android, Pixel menjadi ponsel pertama asli dari Google (seperti iPhone dari Apple). Ponsel ini menghadirkan revolusi pada fotografi komputasional di smartphone.

Google Mengumumkan Chipset Tensor

Pada tanggal 2 Agustus 2021, Google mengumumkan chipset rancangan mereka sendiri yang disebut Tensor akan hadir di ponsel terbaru mereka Pixel 6 Series. Dengan chipset ini, mereka berusaha mengoptimalkan ponsel mereka lebih jauh, seperti Apple memakai chipset mereka sendiri di iPhone.

%d blogger menyukai ini: