Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Selamat Tinggal Yahoo Messenger!

yahoo messenger tutup

Setelah sekian lama, layanan instant messaging Yahoo Messenger harus pensiun. Salah satu pionir aplikasi chatting ini akan berhenti beroperasi pada tanggal 17 Juli 2018 mendatang.

Anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal aplikasi ini. Tapi di awal bangkitnya internet, Yahoo Messenger, bersama layanan Yahoo lain, menjadi standar utama. Seperti Gmail untuk layanan email dan WhatsApp untuk aplikasi chatting saat ini.

Bahkan, Yahoo sempat mendominasi sarana komunikasi saat itu. Layanan email Yahoo dan Yahoo Messenger berjalan beriringan, ditemani Flickr sebagai tempat berbagi foto online.

Suatu prestasi yang bahkan Google belum bisa mencapainya. Walau Gmail dan Google Photos sudah populer, Google masih bingung sendiri dengan berbagai aplikasi chatting-nya.

tampilan Yahoo Messenger jadul
Tampilan Yahoo Messenger jadul

Sayangnya, Yahoo tidak berhasil mengikuti perkembangan jaman. Pada bulan Juni 2017, Verizon resmi membeli Yahoo. Yahoo kemudian bergabung dengan AOL di bendera baru Oath.

Sebelum diambil alih oleh Verizon, Yahoo Messenger sempat menggeliat dan memperbarui citranya. Ia bahkan sempat merilis aplikasi baru untuk Windows dan Mac. Toh, tetap saja, sudah terlambat.

Pemberitahuan dihentikannya layanan Yahoo Messenger hadir melalui halaman bantuan Yahoo. Di sana disebutkan kalau setelah tanggal 17 Juli 2018, pengguna Yahoo Messenger sudah tidak dapat mengakses aplikasi instant messenger ini.

pengumuman yahoo messenger dihentikan
Pengumuman Yahoo Messenger dihentikan

Yahoo kemudian mengalihkan penggunanya untuk mencoba aplikasi chatting baru dari mereka yang bernama Squirrel. Saat ini, aplikasi Squirrel masih dalam tahap uji coba (versi Beta) dan baru berdasar undangan. Kalau kamu mau, kamu bisa mencoba minta undangan melalui situs resmi squirrel.yahoo.com.

Sementara itu, kalau ada di antara kamu yang masih menggunakan layanan Yahoo Messenger dan ingin mengunduh semua riwayat obrolan yang ada, kamu bisa meminta lewat halaman Get my data, lakukan verifikasi, dan unduh riwayat tersebut.

Yahoo juga menyebutkan kalau diberhentikannya Yahoo Messenger tidak akan berpengaruh pada Yahoo ID milikmu. Kamu masih bisa menggunakannya untuk layanan Yahoo yang masih aktif, seperti Yahoo Mail.

Persaingan dunia online memang keras. Termasuk juga aplikasi chatting. Di samping WhatsApp, masih ada aplikasi populer lain seperti LINE, Messenger, Telegram, Slack, Discord, dll. Masing-masing dengan segala fiturnya.

Mungkin saat ini sudah tidak ada yang menggunakan Yahoo Messenger. Entah juga bagaimana masa depan Squirrel. Sekarang, kita menyaksikan salah satu legenda internet menyelesaikan perjalanannya. Selamat jalan Yahoo Messenger. Sayangnya, kamu tidak lagi dirindukan.

More Stories
9 Mobil di Film Layar Lebar Yang Terkenal