10 Seri Anime Yang Layak Disebut Terbaik

major armstrong FMA

Kalau kamu sedang cari bahan tontonan dan kebetulan suka nonton anime. Berikut ini kami coba memberikan usul. Ada beberapa yang menurut kami masuk sebagai seri anime terbaik.

Seperti sering kami sebutkan, memilih “yang terbaik” bukanlah hal mudah. Karena selera orang berbeda. Tapi kalaupun kamu tidak setuju dengan pilihan anime terbaik versi kami, silakan anggap sebagai masukan saja. Namanya juga usul. ????

Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist, atau dalam bahasa Jepang-nya Hagane no Renkinjutsushi, adalah seri anime sepanjang 51 episode. Seri ini diangkat dari manga berjudul sama karangan Hiromu Arakawa.

Fullmetal Alchemist (FMA) bercerita tentang perjalanan kakak beradik, Edward dan Alphonse Elric, yang mencari batu filsuf (philosopher’s stone). Tujuannya adalah untuk mengembalikan tubuh Alphonse yang hilang dalam usaha mengembalikan ibu mereka yang sudah meninggal. Jiwa Alphone ditanamkan oleh Edward di sebuah baju zirah melalui proses alkemi.

FMA punya cerita yang bagus, alur yang selalu bikin penasaran, dan akhir yang mengejutkan. Seri ini punya versi lain yang berjudul Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang juga tidak kalah bagusnya. Pssst, ada lagu Ready Steady Go! dari L’Arc-N-Ciel yang dipakai jadi pembuka.

Rurouni Kenshin (Samurai X)

Rurouni Kenshin, atau di sini lebih populer dengan judul Samurai X, merupakan seri anime yang populer di akhir tahun 90-an. Anime ini diangkat dari manga berjudul sama karangan Nobuhiro Watsuki. Selain anime ini, juga ada versi live action di layar lebar.

Rurouni Kenshin bercerita tentang Kenshin Himura, seorang pembunuh nomor wahid di era Restorasi Meiji yang tidak ingin membunuh lagi. Namun masa lalunya tidak mau melepaskannya begitu saja. Ia pun harus bertarung kembali.

Kalau kamu suka cerita samurai dan sejarah — dengan bumbu asmara — Rurouni Kenshin bisa memenuhinya. Selain aksi pertarungan pedang, ceritanya juga punya sisi drama dan komedi yang asik.

Death Note

Death Note adalah seri anime sepanjang 37 episode berdasarkan manga dengan judul sama karangan Tsugimi Ohba. Seri ini menjadi populer karena ide ceritanya yang unik.

Death Note bercerita tentang seorang pelajar yang menemukan buku catatan kematian. Siapapun yang namanya tertulis di situ akan mengalami kematian. Kalau kamu suka cerita supranatural dan tema yang agak “gelap”, Death Note bisa jadi pilihan.

BACA JUGA
10 Film Anime Terbaik Selain Buatan Studio Ghibli

Naruto Shippuden

Heh, siapa yang tidak kenal Naruto? Seri ini merupakan anime dari bagian kedua cerita di manga (Naruto sudah remaja). Seri ini berjalan sepanjang 500 episode!

Naruto Shippuden bercerita tentang petualangan Naruto yang kembali dari berlatih, melawan dengan Akatsuki, sampai pertempuran terakhir. Ceritanya yang seru membuatnya menjadi salah satu anime terbaik dan klasik.

One Punch Man

Sama seperti manga-nya, seri anime One Punch Man juga menjadi favorit, mendapat pujian baik dari sisi animasi maupun jalan ceritanya.

One Punch Man bercerita tentang Saitama, seorang superhero yang merasa bosan karena ia tidak terkalahkan. Saitama bisa memenangkan pertarungan hanya dengan satu pukulan saja.

Kalau kamu suka anime yang kocak tapi penuh aksi, silakan coba seri yang satu ini.

Attack on Titan

Serial yang punya judul dalam bahasa Jepang Shingeki no Kyojin ini dibuat berdasar manga dengan judul sama karangan Hajime Isiyama. Serin ini baru mau memasuki musim ketiganya.

Attack on Titan berlatar sebuah dunia tempat manusia bersembunyi di dalam kota bertembok tinggi karena serangan Titan, raksasa yang suka makan manusia. Cerita ini mengikuti petualangan Eren Yeager dan teman-teman yang bergabung dalam Scout Regiment untuk melawan para raksasa.

Seri anime ini boleh disebut brutal. Mungkin ada yang merasa tidak nyaman menontonnya. Tapi bersamanya, hadir jalan cerita yang menegangkan dan penuh kejutan. Anime ini sering dianggap sebagai yang terbaik di masa kini.

BACA JUGA
9 Komik Jepang (Shōnen Manga) Yang Seru Dibaca

Gintama

Berasal dari manga berjudul sama, Gintama menjadi favorit banyak orang karena ceritanya yang kocak. Adaptasi anime Gintama memiliki berbagai seri dan juga sudah memiliki versi film, baik animasi maupun live action.

Gintama bercerita soal petualangan Gintoki Sakata bersama temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura, dalam mencari uang untuk bertahan hidup. Cerita ini memiliki latar kota Edo jaman kuno, namun diberi bumbu alien. Seru dan ajaib.

Steins;Gate

Sedikit berbeda dengan lainnya yang berasal dari manga, seri anime ini berasal dari video game berjudul sama. Seri ini juga memiliki sekuel yang berjudul Steins;Gate 0 dan versi film Steins;Gate: The Movie.

Steins;Gate bercerita tentang Rintaro Okabe yang bersama teman-temannya menemukan cara mengubah masa kini dengan mengirim pesan ke masa lalu. Seri anime ini punya karakter menarik dan plot yang bikin penasaran.

Monster

Monster diangkat dari manga berjudul sama karangan Naoki Urasawa. Sama seperti cerita di manga, seri anime ini memiliki plot yang kompleks dan mencengkeram. Karakter di anime ini didesain oleh animator dari Studio Ghibli, Kitaro Kosaka.

Monster bercerita tentang Kenzo Tenma, seorang dokter bedah, yang hidupnya menjadi kacau sejak ia menyelamatkan hidup Johan Liebert, yang ternyata seorang psikopat. Tenma pun berusaha memperbaiki kesalahan tersebut.

Kalau kamu suka cerita drama psikologi, Monster layak ditonton. Tidak sedikit orang yang menganggap seri sebagai seri anime terbaik.

Samurai Champloo

Seri anime ini dibuat oleh Shiniciro Watanabe yang juga membuat Cowboy Bebop. Samurai Champloo memberikan sajian unik berupa samurai di era Edo dengan nuansa hip hop.

Anime ini berkisah tentang perjalanan Mugen dan Jin yang menemani Fuu untuk mencari “samurai yang berbau bunga matahari”.

Samurai Champloo jelas bukan untuk anak-anak. Karena di dalamnya kamu bisa bertemu dengan tema dewasa. Tapi kalau kamu mencari yang unik, anime ini bisa memberikannya.

Ada komentar?