“The Wheel of Time” Serial Fantasi Amazon Pesaing “Game of Thrones”

the wheel of time amazon

“The Wheel of Time” merupakan serial fantasi hasil produksi Amazon yang banyak dinanti dan sering disebut sebagai pesaing serial “Game of Thrones” yang fenomenal. Namun, benarkah seperti itu?

Sebelum menjadi sebuah serial, seri buku “A Song of Ice and Fire” karya George R. R. Martin yang menjadi dasar serial “Game of Thrones” mungkin hanya dikenal oleh segelintir penggemar kisah fantasi. Yah, sebenarnya begitu pula dengan “The Lord of the Rings.”

Serial ini pun seperti itu. Karenanya, mungkin ada baiknya kita bahas berbagai hal yang menarik sebelum menonton serialnya.

Berasal dari Buku

“The Wheel of Time” merupakan serial TV fantasi petualangan berdasar seri buku berjudul sama hasil karya Robert Jordan. Seri bukunya terdiri dari 14 volume.

Buku pertama “The Eye of the World” terbit pada tahun 1990. Sayangnya sebelum menyelesaikan semua seri, Robert Jordan meninggal dunia pada tahun 2007. Volume terakhir dilanjutkan oleh penulis fantasi lain, Brian Sanderson, yang kemudian membaginya menjadi tiga buku.

Ke-14 seri buku “The Wheel of Time” adalah:

  1. “The Eye of the World”
  2. “The Great Hunt”
  3. “The Dragon Reborn”
  4. “The Shadow Rising”
  5. “The Fires of Heaven”
  6. “Lord of Chaos”
  7. “A Crown of Swords”
  8. “The Path of Daggers”
  9. “Winter’s Heart”
  10. “Crossroads of Twilights”
  11. “Knife of Dreams”
  12. “The Gathering Storm”
  13. “Towers of Midnight”
  14. “A Memory of Light”

Selain itu, ada pula buku yang berisi prekuel dari seri ini yang berjudul “New Spring.” Kisahnya berlatar 20 tahun sebelum kejadian di buku pertama.

Sinopsis Serial “The Wheel of Time”

Moiraine, seorang Aes Sedai, dan Lan, penjaganya, mencari orang yang disebut sebagai reinkarnasi Naga (Dragon), yang diramalkan bisa menyelamatkan dunia atau menghancurkannya. Ia bertemu dengan Rand, Egwene, Nynaeve, Perrin, dan Mat yang diduga reinkarnasi Naga tersebut.

Namun, pasukan Kegelapan (the Dark One) juga mencari orang yang menjadi reinkarnasi itu. Begitulah Moraine dan rombongannya lari dari kejaran pasukan Kegelapan, mengarungi petualangan panjang.

Streaming & Jadwal Tayang

Serial ini merupakan produksi hasil kerja sama Sony Pictures Television dan Amazon Studio. Musim pertama “The Wheel of Time” tayang di Prime Video sepanjang 8 episode, mulai pada tanggal 19 November 2021. Sedangkan musim kedua sudah memasuki masa produksi pada tanggal 19 Juli 2021.

Tiga episode pertama serial ini langsung tayang sekaligus. Episode berikutnya tayang satu kali seminggu pada hari Jumat.

Jadi, jadwal lengkap serial “The Wheel of Time” di Prime Video adalah:

  1. “Leavetaking” — 19 November 2021
  2. “Shadow’s Waiting” — 19 November 2021
  3. “A Place of Safety” — 19 November 2021
  4. “The Dragon Reborn” — 26 November 2021
  5. “Blood Calls Blood” — 3 Desember 2021
  6. “The Flame of Tar Valon” — 10 Desember 2021
  7. “The Dark Along the Ways” — 17 Desember 2021
  8. “The Eye of the World” — 24 Desember 2021

Mendapat Tanggapan Baik

Mengulang fenomena serial “Game of Thrones” jelas sulit. Serial “The Witcher” dari Netflix yang berasal dari game populer pun tidak menciptakan fenomena itu. Kelihatannya serial ini pun begitu.

Toh sejauh ini tanggapan masyarakat, termasuk fans bukunya, cukup baik. Rotten Tomatoes menampilkan tomatometer 71% dengan rating pengguna 83%. Walau rating rata-rata kritikus di Metacritic menghasilkan skor 55, rating pengguna menunjukkan angka 70.

Tapi langkah serial ini masih panjang. Jadi masih ada kemungkinan cerita tampil lebih menarik. Lalu, tim produksi juga nampaknya tidak takut mengganti pemain (pemain tokoh Mat diganti).

Sampai tiga episode pertama, serial “The Wheel of Time” memang tidak mengawali kisah dengan kejutan besar (bila dibanding “Game of Thrones”). Jalan cerita juga ada yang dipercepat dan mendapat penambahan plot (istri Perrin tidak ada di buku). Namun, jalan cerita masih tetap menarik untuk diikuti.

Jadi, kalau kamu suka dengan kisah fantasi, silakan ikuti serial ini.


Release Date
19/11/2021
Judul
The Wheel of Time
Deskripsi
Film Seri, Serial
Genre
Fantasi, Petualangan
Produksi
Sony Pictures Television, Amazon Studios
%d blogger menyukai ini: