Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Setelan (Setting) WhatsApp Yang Penting Kamu Perhatikan

setting whatsapp
Anom Penulis

Karena kita pakai tiap hari, WhatsApp tentu saja menjadi aplikasi penting. Nah, sehubungan dengan itu, ada beberapa setelan (Setting) aplikasi WhatsApp yang wajib kamu perhatikan. Serius deh.

WhatsApp memberikan banyak pengaturan pada para penggunanya. Mungkin bagi yang kurang telaten atau kurang paham istilah dunia teknologi, setelan itu bisa membingungkan. Akhirnya, kadang kita cuek dengan hal itu.

Padahal, setelan itu bisa penting baik dari sisi pemakaian maupun keamanan. Jadi, walau kamu kurang paham, cobalah pelajari pengaturan itu.

Nah, setelan (Setting) WhatsApp apa saja yang penting kita perhatikan?

Profil

Ketika kamu pertama kali memakai WhatsApp, aplikasi memang meminta kamu menulis nama. Tapi kamu bisa mengubah nama di WhatsApp jika ingin.

Hal ini penting karena nama itu bisa muncul pada orang yang belum memiliki nomor ponsel kita. Dengan begitu, mereka bisa mengenali siapa yang berbicara (misalnya di grup).

Kamu bisa menemukan setelan nama WhatsApp di: Setting > Profil (yang ada gambar, nama, dan bio).

Linked Device

WhatsApp kini sudah memungkinkan kita menghubungkan aplikasi dengan nomor telepon sama di berbagai perangkat berbeda dengan mudah. Fitur ini bernama ‘Linked Devices‘ (Perangkat Terhubung).

Setelan ini penting karena kamu bisa melihat perangkat apa saja — termasuk ponsel, browser, dan aplikasi desktop — yang terhubung dengan akun WkatsApp milikmu. Kalau kamu melihat perangkat yang tidak kamu kenali, kamu bisa segera menghapus akses itu.

Kamu bisa menemukan setelan ini di: Setting > Linked Devices.

Privasi

Di era internet dan media sosial saat ini, provasi menjadi suatu hal yang penting. Karena jika kamu tidak mempedulikannya, informasi pribadi milikmu bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak berkepentingan.

Baca Juga:  WhatsApp Beta Android Bisa Blokir Screenshot Fitur View Once

Kamu bisa menemukan setelan Privasi WhatsApp di: Setting > Account > Privacy.

Silakan atur siapa yang bisa melihat kapan kamu aktif, siapa yang bisa melihat foto profil, kontrol berbagi lokasi, dan juga pesan sementara.

Verifikasi Dua Langkah

Jika kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah (Two-Step Verification), dalam waktu tertentu WhatsApp akan meminta PIN supaya kamu bisa membuka percakapan. Hal ini tentu menjadi pengamanan tambahan di samping PIN ponselmu sendiri.

Kamu bisa menemukan setelan Verifikasi Dua Langkah ini di: Setting > Account >Two-Step Verification.

Cadangan Percakapan

Membuat cadangan percakapan (Backup Chat) sangat penting. Ini berguna agar kamu tetap bisa memulihkan riwayat percakapan jika kamu memakai ponsel baru.

Tergantung ponsel yang kamu pakai, WhatsApp akan membuat cadangan di Google Drive jika kamu pakai Android, dan di iCloud jika kamu pakai iPhone. Kamu bisa mengatur frekuensi kapan WhatsApp akan membuat cadangan. Lalu kamu juga bisa memutuskan apakah akan menerapkan enkripsi pada backup chat WhatsApp.

kamu bisa menemukan setelan cadangan percakapan WhatsApp di: Setting > Chats > Chat Backup.

Pindah Chat ke Android/iPhone

Ya, kini kamu sudah bisa memindah riwayat percakapan WhatsApp antar perangkat Android dan iPhone. Tentu ini penting jika kamu punya ponsel baru dan beda platform. Dengan begitu, kamu tidak kehilangan riwayat percakapan sebelumnya.

Kamu bisa menemukan setelan untuk pindah data di: Setting > Chats > Move Chats to Android/iPhone.

Mengunduh Media Otomatis

Setelan unduh media secara otomatis ini penting karena bisa menghindarkan kamu dari kehabisan kuota internet. Ya, kamu bisa memilih berkas media apa saja yang secara otomatis di-download dalam jaringan koneksi internet tertentu. Misalnya hanya mengunduh otomatis video jika terhubung dengan WiFi.

Baca Juga:  WhatsApp Uji Fitur Chat Tanpa Simpan Nomor di Aplikasi Beta Android

Setelan mengunduh media secara otomatis ini bisa kamu temukan di: Setting > Storage and Data. Lalu lihat pada bagian’Media Auto Download’.

Di halaman setelan itu, kamu juga bisa mengatur kualitas berkas yang kamu kirim ke percakapan WhatsApp.


Itulah beberapa Setting WhatsApp yang penting kamu perhatikan. Selain itu, ada baiknya kamu juga mengatur fitur lain, supaya WhatsApp memang nyaman kamu pakai sehari-hari.