Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatsApp Meluncurkan Uji Fitur ‘Multi Device’ Untuk Publik

Anom Penulis

Ya, WhatsApp saat ini tengah meluncurkan fitur Multi Device untuk publik, baik di ponsel Android maupun iPhone. Apa yang ditawarkan WhatsApp melalui fitur itu?

Hal ini, cukup menarik. Biasanya uji coba WhatsApp berlangsung pada aplikasi versi beta. Seperti fitur transfer chat dari iPhone ke Android (atau sebaliknya) atau fitur reaksi emoji. di percakapan.

Sebelumnya fitur ini memang diuji pada beberapa pengguna tertentu. Namun kini WhatsApp menawarkannya secara publik. Artinya, kalau kamu memakai aplikasi WhatsApp terbaru, kamu juga bisa ikutan dan mencoba fitur itu.

Fitur Multi Device untuk WhatsApp ini merupakan peningkatan untuk pemakaian aplikasi pesan itu di berbagai perangkat. Misalnya kalau kamu pakai WhatsApp di ponsel dan di laptop.

Sebelumnya, untuk mengakses WhatasApp di perangkat lain, ponsel milikmu harus tetap aktif dan terhubung. Dengan fitur Multi Device baru ini, kamu bisa terhubung sampai ke 4 perangkat lain tanpa ponsel harus tetap aktif.

Lalu bagaimana cara mencoba fitur Multi Device ini? Di iPhone, buka halaman Pengaturan (Settings) dan tekan Perangkat Tertaut (Linked Device). Begitu juga di Android, silakan tekan tombol Menu ( ) dan tekan Perangkat Tertaut (Linked Device).

Kalau kamu memutuskan bergabung, kamu bisa menghubungkan ulang berbagai perangkat ke akun WhatsApp milikmu. Caranya sama seperti memakai WhatsApp Web, yaitu dengan memindai kode QR.

Jika sudah kamu sudah bisa mengakses WhatsApp di browser atau di aplikasi desktop, walau ponselmu mati atau tidak terhubung ke internet. Saya sendiri sudah coba dan memang berfungsi seperti itu.

Nah, harap kamu perhatikan. Perangkat yang terhubung dalam fungsi Multi Device ini baru sebatas akses pada browser, aplikasi untuk Windows, dan aplikasi untuk macOS. Kamu belum bisa menghubungkan ponsel satu ke ponsel lain dalam satu akun.

Baca Juga:  Mark Zuckerberg WhatsApp vs iMessage: iMessage Kalah Aman!

Namun, kalau melihat rencana WhatsApp, nantinya dukungan Multi Device ini juga akan menyertakan ponsel Android dan iPhone.

Nah, selamat mencoba.