Siap Rilis, Seperti Ini Spesifikasi yang Dimiliki Oleh Snapdragon 865

Qualcoom siap meluncurkan chipset Snapdragon 865 awal tahun 2020. Sebelum itu, yuk mengenal lebih dekat tentang spesifikasi Snapdragon 865.

Qualcomm telah mengumumkan chipset Snapdragon 865 beberapa waktu lalu. Chipset ini diumumkan dalam acara Snapdragon Tech Summit tahunan di Hawaii.

Qualcomm telah menanamkan teknologi 5G ke dalam chipset-nya. Chipset ini siap mentenagai ponsel Android generasi berikutnya mulai awal 2020.

Lalu seperti apa spesifikasi yang dimiliki oleh Snapdragon 865? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Sumber Gambar : WCC Ftech

Spesifikasi yang Dimiliki Snapdragon 865

Peningkatan 5G dan Efisiensi Daya

Snapdragon 865 digadang-gadang akan digunakan oleh sebagian ponsel kelas atas di tahun 2020. Tapi kemungkinan pengguna iPhone dan Huawei tidak akan merasakan chipset ini. iPhone biasanya memakai chipset buatan sendiri dan Huawei mungkin masih terjegal peraturan Amerika.

Fitur Snapdragon 865 memang fokus dengan peningkatan kecepatan 5G. Chipset ini juga akan  dapat menggandakan kinerja gaming.

Qualcomm menggembar-gemborkan arsitektur baru dari Snapdragon 865. Arsitektur chipset ini antara lain CPU Kryo 585, GPU Adreno 650, Spectra 480 ISP, prosesor Hexagon 698 dan sensing hub.

Perusahaan mengklaim jika CPU chipset ini mampu berjalan sampai 2.84GHz. Sementara GPU-nya menawarkan rendering grafis 20% lebih cepat.

Hal lain yang menonjol dari chipset ini adalah peningkatan efisiensi daya. Snapdragon 865 dapat meningkatkan efisiensi daya sampai 35% untuk tugas intens, seperti bermain game.

Sekarang kita beralih ke teknologi 5G yang ada di chipset ini. Snapdragon 865 menawarkan kecepatan unduh lebih cepat hingga 7,5Gbps.

Selain kecepatan unduh, kecepatan unggah juga mengalami peningkatan. Pengguna bisa menikmati kecepatan unggah mencapai 3Gbps dalam kondisi 5G.

Menariknya, Snapdragon 865 digabungkan dengan modem Snapdragon X55 5G sebagai chip terpisah. Itu artinya, modem tidak benar-benar terintegrasi ke dalam chipset mobile.

Siap untuk Foto 200MP dan Video 8K

Selain 5G, fitur yang paling menguntungkan kosumen adalah peningkatan kamera. Chipset ini akan meningkatkan kualitas foto dan video.

Snapdragon 865 mungkin dapat mewujudkan terciptanya kamera ponsel 200MP. Apalagi jika dipadukan dengan Qualcomm Spectra 480 Image Signal Processor.

Sementara dalam hal video, chipset ini memungkinkan ponsel menampilkan video resolusi 8K. Jadi pengguna bisa menikmati satu miliar warna, dan dukungan format HGL dan Dolby Vision secara real-time.

Oya, kemungkinan besar, chipset ini akan dipakai pada Samsung Galaxy S11, Note 11, LG G9, OnePlus 8, dll. Tapi untuk lebih jelasnya, kita masih harus menunggu pengumuman dari MWC 2020 mendatang.

Ponsel kelas menengah yang memacu kinerja lebih tinggi mungkin akan memilih Snapdragon 765. Sedangkan ponsel Android kelas atas hampir bisa dipastikan akan menggunakan Snapdragon 865.

%d blogger menyukai ini: