Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Qualcomm Sediakan Prosesor 5G untuk Ponsel Menengah Tahun 2020

ROG Phone 2

Jaringan internet akan segera beralih ke teknologi 5G. Perusahaan pengembang prosesor pun berlomba merilis chipset yang mendukung teknologi tersebut. Qualcomm menyatakan akan menyediakan prosesor 5G untuk ponsel kelas menengah di tahun 2020.

Saat ini, sebagian besar ponsel yang sudah mendukung jaringan 5G masih terbatas. Itu pun hanya ponsel premium, dengan pengecualian Samsung Galaxy A90 5G. Bahkan ponsel ini pun masih memakai chipset kelas premium.

Qualcomm sendiri sudah merilis modem X50, yang diperbarui dengan modem X55, yang mendukung jaringan 5G tersebut. Chipset yang memilikinya adalah Snapdragon 855 dan 855+. Di samping itu, Samsung juga sudah mengumumkan chipset Exynos 980 5G dan Huawei mengumumkan Kirin 990 5G.

Sekali lagi, semua chipset itu masih ditujukan untuk perangkat kelas premium. Tapi hal ini akan berubah pada tahun 2020 mendatang. Karena Qualcomm sedang mengembangkan prosesor dengan modem 5G untuk ponsel kelas menengah.

Samsung Galaxy A90 5G
gambar: Samsung

Alex Katouizan, senior vice president dan general manager Qualcomm Technologie Inc., menjelaskan di IFA 2019. “…kami memiliki posisi unik untuk mempercepat pemasaran 5G ke tinggal global bersama OEM dan operator pelanggan kami dengan memperluas penawaran plarform perangkat bergerak melalui Snapdragon seri 8, seri 7, dan seri 6 di tahun 2020.”

Seperti sudah disebut di atas, seri 8 sudah hadir. Tapi tahun depan pasti ada versi baru lagi. Toh yang menarik adalah Snapdragon seri 7 dan seri 6 yang biasanya dipakai di ponsel kelas menengah.

Snapdragon seri 7 yang baru disebut menggunakan arsitektur 7nm dan memiliki fitur premium seperti Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Elite Gaming. Qualcomm menyebutkan sudah ada 12 perusahaan yang siap memakainya, meliputi: OPPO, realme, Vivo, Motorola, HMD Global, dan LG.

Snapdragon seri 7 ini pun sudah menjadi rumor hangat. Qualcomm menyebutkan kalau rencananya chipset seri 7 akan diumumkan pada kuartal keempat tahun 2019.

Snapdragon seri 6 merupakan chipset yang populer di kalangan ponsel kelas menengah. Walau secara umum kemampuannya di bawah seri 7, chipset ini pun akan segera meluncur ke berbagai ponsel di paruh kedua tahun 2020.

Sejauh ini mungkin kita masih belum tahu kapan jaringan 5G akan bisa dipakai secara umum (di Indonesia). Kalau sudah tersedia pun, pasti butuh waktu untuk bisa hadir secara luas. Sama seperti peralihan ke jaringan 4G dulu.

Sekedar bernostalgia, saya dulu sempat memakai Lumia 930, sebuah ponsel 4G, di saat belum ada jaringan 4G. Begitu jaringan itu hadir, wuswuswus…. langsung tancap gas (tapi sekarang kok tidak secepat dulu lagi ya? :p ).

More Stories
Nimbus for SoundCloud Menambah Aplikasi SoundCloud Windows Phone