game of thrones jon snow

Siapa Yang Akan Mati di Game of Thrones Musim ke-8?

Serial Game of Thrones sudah terkenal susah ditebak. Selain itu, serial ini juga terkenal mudah mematikan tokoh di dalamnya. Nah, pertanyaannya, siapa yang akan mati di serial Game of Thrones musim ke-8 ini?

Memang kejutan semacam ini tidak main-main. Hampir semua yang baru menonton serial ini (dari musim pertama), selalu menduga Eddard Stark akan jadi tokoh penting. Namun kenyataan berkata lain.

Begitulah seiring dengan berjalannya cerita, berbagai tokoh datang berganti. Hal ini membuat kita merasa was-was akan tokoh yang tersisa. Akankah ada kematian tragis lainnya?

Berbagai meme pun berkembang di internet soal tokoh yang mati di Game of Thrones musim ke-8. Terutama anak-anak klan Stark.

Prediksi Kematian dengan AI

Menyambut musim terbaru serial ini, sebuah tim dari Technical University of Munich (TUM) berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Mereka menggunakan kalkulasi ilmiah beserta teknologi machine learning (AI) untuk melakukan prediksi.

Mereka mengambil sumber data dari The Wiki of Ice and Fire dan Game of Thrones Wiki. Teknologi yang mereka gunakan lalu menganalisa semua informasi dari 5 buku dan 8 musim serial yang mengandung begitu banyak tokoh.

Beberapa basis data yang dipakai meliputi: House (keluarga), Lovers (kekasih), Marriage (pernikahan), Titles (jabatan), Major/Minor character (tokoh penting atau tidak), kelamin. Mereka juga memadukannya dengan berbagai tolok ukur baik untuk buku dan film seri (memihak siapa, dll).

Sebagai contoh, menjadi anggota klan Baratheon punya kemungkinan mati 5% lebih besar dari tokoh rata-rata. Sedangkan menjadi anggota klan Lannister punya kemungkinan selamat sebesar 45%.

Prediksi Tokoh Game of Thrones

Tapi bagaimana hasil sebenarnya dari analisa AI tim TUM itu? Hm, hasilnya cukup menarik.

Untuk yang punya kemungkinan selamat besar, ada Daenerys Targaryen, Tyrion Lannister, Varys, Samwell Tarly, dan Jaime Lannister. Sedangkan yang akan mati di musim ke-8 ini, kemungkinan besarnya jatuh pada Bronn, Gregor Clegane, Sansa Stark, Bran Stark, dan Sandor Clegane.

prediksi tokoh game of thrones
Gambar: GoT.show

Tapi harus kita ingat. Sejak akhir musim ke-6, jalan cerita di film seri sudah mendahului buku. Walau George R.R. Martin masih ikut serta, namun penulis lain sudah ikut andil dalam penulisan naskah. George R.R. Martin disebut lebih “sadis dan tidak terduga”.

Begitu pula dengan perubahan dari musim terakhir. Kita ketahui bersama, beberapa faktor lain sudah hadir. Pasukan White Walkers sudah menembus tembok es. Daenerys Targaryen pun sudah mendarat di Westeros. Dengan demikian faktor penentu sudah sedikit berubah.

Nah, bagaimana dengan dugaanmu? Apakah kamu setuju dengan analisis AI soal siapa yang mati di serial Game of Thrones musim ke-8 ini? Kalau kamu berminat silakan kunjungi situs GoT.show untuk melihat detilnya.

More Stories
AIDA64: Melihat Spesifikasi HP Kita
%d blogger menyukai ini: