Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Perusahaan Snap dan Unity Ikut Ketar-Ketir dengan Fitur Privasi Baru Apple

Indri Penulis

Perusahaan Snap dan Unity ikut khawatir dengan fitur App Tracking Transparency Apple. Keduanya khawatir jika fitur ini bakal melemahkan bisnis mereka.

Perang dingin antara Apple dan Facebook karena fitur iOS 14.5, App Tracking Transparency belum selesai. Sekarang muncul perusahaan lain yang sepertinya ikut ‘ketar-ketir’ dengan fitur ini.

popculture.id

Mereka berdua adalah Snap (pengembang Snapchat) dan Unity (pengembang game). Sama seperti Facebook, keduanya juga memperingatkan investor bahwa fitur pelacak iklan Apple akan berdampak negative pada bisnis mereka.

Snap dan Unity Takut dengan Fitur baru Apple

Seperti berita belumnya, Apple rencananya ingin memakai iOS 14.5 untuk menerapkan kebijakan baru. Kebijakan ini mewajibkan semua pengembang aplikasi minta izin ke pengguna iOS 14.5, sebelum mereka melakukan pelacakan iklan.

Perusahaan pertama yang ‘paling menentang’ fitur ini adalah Facebook. Sebelumnya, Facebook telah memberitahu investornya bahwa fitur ini akan berdampak negatif dengan pendapatan iklannya (pelacak iklan adalah salah satu kunci sukses Facebook).

Sumber Gambar : iDownloadBlog

Setelah Facebook, sekarang ada Unity yang ikut menentang fitur baru Apple. Unity yang notabene menjalankan periklanan di aplikasi seluler, memperoleh sebagian besar pendapatannya dari pengembang game dan aplikasi di platform iOS.

Dilansir dari Arstechnica, pimpinan Unity mengatakan jika perubahan tersebut akan mempengaruhi kemampuan pengembang aplikasi dan game untuk mendapatkan pelanggan baru.

Unity memperkirakan jika pendapatannya akan turun $30 juta pada 2021 akibat perubahan tersebut. Namun itu diperkirakan hanya 3% dari pendapatan tahunan Unity secara keseluruhan.

Di sisi lain, Snap juga menentang fitur App Tracking Transparency. Meski menentang, namun sepertinya Snap ‘agak percaya diri’ dibanding Unity.

Kami mengagumi Apple dan yakin mereka mencoba melakukan hal yang benar untuk pelanggan,” kata Direktur Bisnis Snap, Jeremi Gorman.

Snap juga berkata, mereka siap menghadapi perubahan (kebijakan iklan). Bahkan walau pun mereka akan terkena dampak negatifnya.

Ya, saham Snap juga sempat ikut anjlok karena kabar ini. Bahkan saham perusahaan sempat turun 7%. Namun beberapa waktu kemudian, saham perusahaan kembali naik di atas level sebelumnya.

Sementara dari sumber berbeda, The Information, orang-orang justru lebih simpatik dengan Snap dan Unity dibanding Facebook. Kenapa?

Facebook selama ini terlibat banyak kontroversi soal pelanggaran privasi. Selain itu, Facebook masih punya sumber pendapatan lain yang lumayan besar.

Berbanding terbalik dengan Snap dan Unity. Snap lewat aplikasi Snapchat-nya memang populer, tapi tidak mendominasi seperti Facebook. Sedangkan Unity bakal kehilangan pendapatan karena pelanggannya (pengembang game dan aplikasi) melihat pendapatan mereka turun.

    %d blogger menyukai ini: