Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Snapdragon 8cx Gen 3: Si Chipset 5nm Windows Pertama di Dunia

Indri Penulis

Qualcomm resmi umumkan “Snapdragon 8cx Gen 3,” si chipset 5nm Windows pertama di dunia. Yuk kenalan dulu sama chipset tersebut!

Qualcomm sukses menggempur dunia ‘per-chipset-an’ dengan merilis berbagai chipset baru. Dimulai dari chipset flagship untuk ponsel Snapdragon 8 Gen 1, lalu ada juga chipset khusus konsol genggam Snapdragon G3x Gen 1.

Ternyata Qualcomm juga masih punya senjata lain yang nggak kalah menarik, yakni “Snapdragon 8cx Gen 3.” Selain itu Qualcomm juga mengumumkan chipset 6nm untuk laptop, Snapdragon 7c+ Gen 3.

Nah kira-kira bakal sekeren apa spesifikasi dan fitur yang dihadirkan oleh chipset anyar ini? Mari kita cek sama-sama.

Snapdragon 8cx Gen 3

Snapdragon 8cx Gen 3 boleh dibilang sebagai chipset Windows kelas atas. Dalam pengumumannya, Qualcomm nggak menjelaskan chipset ini secara detil. Jadi kami nggak tahu core CPU yang digunakan oleh chipset tersebut.

Tapi yang jelas, dia adalah ‘chipset 5nm pertama di dunia yang diperuntukkan untuk Windows.’ Sedangkan seri Snapdragon 8cx dan Snapdragon 8cx Gen 2 adalah chipset 7nm.

Dari segi performa, chipset ini diklaim mampu peningkatan besar-besaran hingga 85% dalam kinerja multi-core dibanding pendahulunya, peningkatan kinerja GPU hingga 60%, dan peningkatan NPU hingga lebih daari 29 TOPS (tiga kali lipat dari yang dapat dikelola chipset sebelumnya).

Chipset anyar ini juga diklaim mampu menghemat penggunaan daya secara signifikan. Qualcomm juga mengklaim kalau chipset ini dapat digunakan dalam desain tanpa kipas, bahkan dapat mendukung masa pakai baterai multi-day (tapi kalau yang ini sih tergantung pada masing-masing laptop).

Lebih lanjut, 8cx Gen 3 ternyata juga memanfaatkan berbagai fitur canggih di Snapdragon 8 Gen 1. Contohnya seperti modem canggih.

Chipset 8cx Gen 3 akan menawarkan beberapa konfigurasi 5G kepada OEM laptop. Misalnya seperti konfigurasi modem X65 dengan kecepatan downlink hingga 10 Gbps, modem X55 dengan kecepatan downlink 7,5 Gbps, dan modem X64 di 4,4 Gbps. Untuk konektivitas lokal, chipset ini mendukung Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E terbaru.

Fitur lain yang nggak kalah menarik adalah peningkatan kinerja AI dan noise suppression (peredam bising). Chipset ini juga mendukung multiple camera, contohnya dapat berbagi kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk presentasi online di kantor atau sekolah.

Kira-kira kapan laptop Windows pertama dengan chipset Snapdragon 8cx Gen 1 keluar? Menurut penuturan Qualcomm, kita mungkin dapat melihatnya debut pada paruh pertama tahun 2022.

Snapdragon 7c+ Gen 3

Seperti yang sudah saya katakan tadi, selain mengumumkan chipset 5nm Windows, Qualcomm juga mengumumkan chipset lain yakni Snapdragon 7c+ Gen 3.

Snapdragon 7c+ Gen 3 adalah chipset 6nm (Snapdragon 7c Gen 2 adalah chipset 8nm) khusus laptop Windows yang lebih murah. Chipset ini menawarkan kinerja CPU 60% dan GPU 70% lebih cepat dari pendahulunya, dan NPU menawarkan 6,5 TOPS daya komputasi AI (naik dari 5 TOPS).

Dalam hal konektivitas, chipset ini telah mendukung konektivitas 5G (Snapdragon 7c Gen 2 cuma mendukung 4G). Dengan model X53-nya, chipset ini dapat memberikan kecepatan downlink hingga 3,7 Gbps. Chipset ini juga mendukung Wi-Fi 6E dengan kecepatan mencapai 2,9 Gbps.

Untuk ketersediaannya di laptop, Qualcomm bilang jika debut chipset 7c+ Gen 3 hampir sama dengan 8cx Gen 3, yakni kemungkinan pada paruh pertama tahun 2022.