Play Store Error? Perbarui Atau Coba Beberapa Solusi Ini

google play store

Play Store error saat kamu mau download aplikasi memang menyebalkan. Apalagi kalau aplikasi itu benar-benar kamu butuhkan. Tenangkan diri, dan coba beberapa solusi Play Store error berikut ini.

Kesalahan yang muncul bisa jadi cukup sederhana. Ya, ada juga yang memang fatal. Tapi bagaimanapun, jangan langsung berpikir buruk. Cobalah mengatasi error mulai dari hal yang paling simpel.

Cek Koneksi Internet

quick setting android

Kadang yang menghambat adalah hal paling sepele. Apakah koneksi internet aktif? Apakah berfungsi? Mungkin kamu habis memindah SIM card, atau mematikan koneksi seluler, atau mengaktifkan mode pesawat. Cek koneksi internet apakah berfungsi normal.

Cek Waktu dan Tanggal di Handphone

setelan tanggal dan waktu android

Setelan tanggal dan waktu yang benar juga bisa membuat Play Store error. Server Google tidak bisa melakukan sinkronisasi data yang sesuai. Cek apakah tanggal dan waktu sudah aktual.

Lihat di Setelan > Tanggal dan Waktu (di bawah Sistem). Lihat apakah pengaturan otomatis tersedia. Kalau iya, nyalakan. Tentunya koneksi internet harus aktif. Kalau hal itu masih belum sukses, ada baiknya kamu coba atur secara manual sesuai tanggal dan waktu sekarang.

Perbarui Play Store

cek play store versi terbaru

Kamu juga bisa cek apakah aplikasi Play Store yang kamu miliki sudah versi terbaru atau belum. Ya, kadang proses pembaruan tidak berjalan tepat waktu. Entah kenapa.

Untuk cek versi Play Store, buka aplikasi itu dan masuk ke Setelan. Geser ke paling bawah sampai menemukan versi Play Store. Masalahnya, apakah versi tersebut sudah versi terbaru? Coba tekan bagian itu berulang kali. Nanti akan muncul pop-up yang memberitahukan apakah sudah yang terbaru atau belum.

Bersihkan Cache dan Data Google Play Store

hapus data dan cache google play store

Cache adalah penyimpanan data sementara, supaya kamu bisa memuat konten dengan cepat tanpa harus memuat ulang. Bisa jadi cache ini menyebabkan Play Store error.

Solusi yang perlu dicoba adalah membersihkannya. Buka Setelan > Aplikasi > Google Play Store. Lalu tekan tombol Hapus Cache.

Kamu juga bisa mencoba menghapus data Google Play Store. Cara ini mirip dengan menghapus cache (tekan tombol Hapus Data). Tapi lebih menyeluruh. Tindakan ini akan menghapus semua data atau informasi yang ada. Letaknya sama seperti dengan Cache.

Harap kamu ingat. Membersihkan data Google Play Store akan menghapus semua setelan, akun, dan informasi lain yang ada di dalam aplikasi ini. Kamu harus mengulang dari awal setelah melakukan ini.

Cek dan Pasang Google Play Service versi terbaru

cek versi google play service

Karena aplikasi Play Store dan Play Store Service seperti kakak beradik, ada baiknya kamu juga cek apakah aplikasi ini sudah versi terbaru. Cek di Setelan > Aplikasi > Layanan Google Play. Lihat versi tersebut dan bandingkan dengan yang ada di Play Store.

Mungkin kamu tidak menemukan aplikasi Google Play Service di Play Store. Kamu pernah memberi tips soal ini, kamu bisa membaca lebih lanjut di artikel Tips Google Play Store.

Bersihkan Cache dan Data Google Play Service

bersihkan cache dan data google play service

Selain aplikasi Play Store, kamu juga bisa mencoba membersihkan cache dan data Google Play Service. Layanan ini adalah proses yang bekerja di latar belakang dan menghubungkan aplikasi dengan berbagai komponen handphone, mengatur sinkronisasi, notifikasi, dll.

Sama seperti aplikasi Google Play, Buka Setelan > Aplikasi > Layanan Google Play > Penyimpanan. Tekan tombol Hapus Cache atau Kelola Ruang (lalu bersihkan semua data).

Reset Akun Google

reset akun google

Kalau perlu, coba reset akun Google milikmu. Ini memang sedikit lebih repot. Karena kamu menghapus akun dari handphone, bukan hanya dari Play Store. Pastikan kamu ingat semua informasi login yang terhubung dengan Google sebelum melakukannya.

Untuk melakukannya, buka Setelan > Akun. Pilih Akun yang akan kamu hapus, lalu tekan tombol menu . Kamu bisa coba tekan pilihan Sinkronkan Sekarang untuk melihat apakah bisa jadi solusi. Kalau tidak, ulangi langkah tadi, dan tekan Hapus Akun. Kemudian kamu bisa masuk kembali ke akun Google milikmu. Ikuti langkah tadi, dan temukan Tambah Akun.

[irp posts=”42588″ name=”Perlukah Membersihkan RAM di Handphone Android dengan Memory Cleaner?”]

Cek Aplikasi Nonaktif

cek aplikasi nonaktif

Bisa jadi Play Store error karena ada aplikasi yang terkait tidak sengaja dinonaktifkan. Kalau aplikasi tersebut diperlukan, tentu saja Play Store tidak akan bisa berfungsi.

Untuk cek hal tersebut, buka Setelan > Aplikasi. Kamu akan melihat ada pilihan dropdown menu Semua Aplikasi ▾. Tekan dan pilih Dinonaktifkan. Kamu akan melihat aplikasi apa saja yang nonaktif. Kalau kamu melihat ada layanan Google yang nonaktif, coba aktifkan.

Cek Aplikasi Download atau Download Manager

cek aplikasi download manager

Sebenarnya hal ini sama dengan hal di atas, yaitu cek apakah aplikasi Download atau Download Manager aktif atau tidak. Tapi mungkin ada di antara kamu yang tidak menemukannya di daftar aplikasi di dalam Setelan.

Buka Setelan > Aplikasi. Tekan tombol menu , lalu pilih Tampilkan Sistem. Kemudian cek apakah aplikasi Pengelola Unduhan aktif atau tidak.

Copot Update Terbaru Play Store

uninstall previous update play store

Mungkin saat kamu memperbarui versi Play Store, ada kendala yang terjadi. Kamu pun ingin memasangnya ulang. Kalau aplikasi biasa, kamu bisa uninstall dan install ulang. Aplikasi Play Store sedikit berbeda. Yang kamu lakukan adalah mencopot pembaruan terakhir.

Untuk melakukannya, buka Setelan > Aplikasi > Google Play Store. Tekan tombol menu , lalu tekan Copot Pemasangan Pembaruan. Kalau Play Store masih error, coba install ulang pembaruan itu.

Hard Reset / Factory Reset

factory reset android

Kalau semua cara di atas gagal dan Play Store masih error, apa boleh buat, langkah pamungkas harus dicoba. Silakan hard reset alias lakukan factory reset handphone-mu.

Harap kamu ingat, backup dulu semua data. Masuk ke Setelan > Buat Cadangan & Setel Ulang. Pastikan pilihan Cadangkan Data Saya aktif. Jangan lupa lihat Akun Cadangan yang kamu gunakan. Lalu aktifkan juga pilihan Pemulihan Otomatis.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan backup launcher (kalau kamu menggunakannya), backup aplikasi pesan (misalnya backup WhatsApp), dan backup aplikasi password manager (kalau kamu menggunakannya). Hal ini akan mempermudah ketika kamu mulai dari awal.

Kemudian, kamu bisa menekan tombol Factory Data Reset di halaman di atas. Nanti, pulihkan handphone milikmu dengan semua backup yang sudah kamu buat.

%d blogger menyukai ini: