Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tampilan Baru YouTube Lebih Keren dengan Dark Mode

tampilan baru youtube 2017
Anom Penulis

Ya, YouTube punya wajah baru. Tampilan baru YouTube ini lebih keren dan lebih nyaman digunakan. Serunya, YouTube resmi memiliki dark mode alias tema gelap.

Saat artikel ini ditulis, tampilan baru YouTube ini masih dalam tahap preview. Di blog resmi mereka, YouTube menyebutkan bahwa desain baru ini menerapkan Material Design (istilah UI/UX khas Google). Desain bariu ini menekankan kesederhanaan, kenyamanan, dan konsistensi dengan layanan Google lain.

popculture.id

tampilan baru youtube

Perubahan terbesar yang ada di tampilan baru YouTube adalah ukuran huruf yang lebih besar, dan layout yang lebih leluasa. Walaupun kedengarannya sepele, tapi hal itu memberi efek yang luar biasa.

Salah satu contohnya adalah sidebar YouTube. Bidang yang berisi menu konten ini sekarang mengisi penuh bagian samping. Ikon dan tulisannya lebih besar, dan jarak antar pilihan menu lebih lebar.


Baca juga: Bagaimana Menonton YouTube Secara Offline


Begitu pun dropdown menu untuk akun. Dulu, tampilannya kecil dan cukup penuh. Sekarang, desain baru memberikan menu yang lebih lengkap dan mudah digunakan.

Di menu akun ini kita bisa langsung mengakses channel kita, Creator Studio, berganti akun, memilih mode terang/gelap, memilih bahasa, memilih lokasi konten video YouTube, dll. Langsung dari tempat yang mudah dijangkau.

youtube dark mode

Selain perubahan di atas, perubahan lain yang jelas tampak ada di halaman channel. Menurut saya halaman channel sekarang jauh terlihat lebih keren daripada versi lama. Apalagi dengan dark mode YouTube.

Sebagai contoh, video yang ditampikan sebagai unggulan di halaman depan sekarang berukuran lebih besar. Judul dan deskripsi video juga memiliki bidang lebih luas. Sehingga isi deskripsi beserta tautan penting bisa langsung terlihat dengan jelas.

halaman channel youtube

Perubahan tampilan baru YouTube ini bagi saya sangat menarik. Desain YouTube — sebagai portal video nomor satu di dunia — termasuk lambat berkembang, kurang terasa sebagai “aplikasi” dan kurang menarik sebagai media tontonan. Singkat kata kurang keren. Silakan bandingkan dengan Vimeo.

Jadi buat saya, tampilan baru YouTube memang memberikan angin segar.


Baca juga: Mixing Lagu dengan Mudah Pakai YouTube DJ


Lalu, apakah tampilan baru YouTube ini sudah bisa digunakan oleh semua orang? Ya, bisa. Walau pun YouTube menyebutnya masih dalam tahap preview, kamu sudah bisa menggunakannya.

Silakan kunjungi youtube.com/new untuk mencobanya. Selamat menikmati.

    %d blogger menyukai ini: