Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Teknologi NVIDIA Instant NeRF Ubah Foto Jadi Render 3D

Anom Penulis

Produksi gambar digital akan semakin canggih. Pada tanggal 25 Maret 2022, NVIDIA mempublikasikan riset teknologi Instant NeRF yang mampu mempercepat proses pengembangan render 3D hanya dengan bermodal foto dalam waktu singkat.

Melalui blog resmi, NVIDIA menyebutkan kalau proses ini—yang disebut inverse rendering—mampu mengubah “segenggam” foto menjadi tampilan 3D dalam hitungan detik. Tim riset NVIDIA sudah berhasil melakukannya dengan pelatihan jaringan ultra-cepat neural.

popculture.id

NVIDIA mengembangkan proses ini berdasar teknologi Neural Radiance Field (NeRF) yang sedang berkembang pesat. Pendekatan NVIDIA ini — yang disebut Instant NeRF — mampu mencapai proses render cepat, bahkan sampai 1000x lebih cepat.

Pada presentasi di NVIDIA GTC, NVIDIA memberi contoh kalau teknologi ini bisa berguna untuk membuat avatar 3D di sesi pertemuan online atau membentuk lingkungan 3D pada peta.

NVIDIA memberikan contoh dengan merekonstruksi foto Andy Warhol yang memegang kamera Polaroid (sebagai penghargaan pada Polaroid yang membawa lingkungan 3D jadi foto dengan cepat).

NVIDIA menyatakan, berbeda dengan teknologi NeRF “tradisional”, Instant NeRF mempercepat proses rendering melalui teknik multi-resolution hash grid encoding. Model ini dikembangkan dengan memanfaatkan NVIDIA CUDA Toolkit dan Tiny CUDA Neural Network.

Hebatnya, proses ini mampu berjalan pada satu GPU NVIDIA, berkat NVIDIA Tensor Core pada keping tersebut.

Dunia CGI memang berkembang dengan pesat. Kita tahu kalau real-time ray tracing sudah membuat game semakin realistis. Dulu NVIDIA mengujinya melalui rekonstruksi mobil sport Porsche 911. Kemudian kita juga sudah melihat bagaimana NVIDIA mengembangkan Omniverse Avatar.

Pengembangan Instant NeRF oleh NVIDIA ini akan semakin mempercepat proses produksi lingkungan 3D. Tidak hanya itu, teknologi ini juga bisa berguna dalam pelatihan teknologi AI pada robot industri dan kendaraan setir-mandiri dalam mengolah lingkungan dan mengenali obyek.

Sayangnya, NVIDIA belum mempublikasikan secara detil berapa banyak foto yang dibutuhkan untuk bisa menampilkan lingkungan render 3D yang optimal.

    %d blogger menyukai ini: