Tips Cara Menggunakan Google Drive Dengan Efisien

cara menggunakan google drive

Saat ini kita menikmati manfaat dari penyimpanan cloud dengan mudah. Google Drive adalah salah satu pilihan populer. Berikut ini ada beberapa tips cara menggunakan Google Drive, agar kamu bisa memaksimalkan layanan tersebut.

Harap diperhatikan, tiap layanan cloud memiliki penawaran yang berbeda. Kami pernah melakukan perbandingan layanan cloud secara ringan. Jadi tidak ada salahnya mengenali cara menggunakan Google Drive yang tepat.

1. Akses di Berbagai Perangkat

Salah satu manfaat penyimpanan cloud adalah bisa akses berbagai berkas di berbagai perangkat. Mau komputer, tablet, atau handphone, semua bisa. Mau lewat browser (website) atau lewat aplikasi juga bukan masalah. Kalau kamu memang mau menggunakan Google Drive, maksimalkan akses berkas di berbagai perangkat.

Download aplikasi Google Drive:

2. Atur Sinkronisasi Folder di Komputer

Sinkronisasi data di komputer berarti ada proses upload dan download file. Kalau kamu sering menggunakan modem nirkabel alias dengan data seluler, berhati-hatilah. Pilih folder apa saja yang ingin kamu sinkronkan saat kamu pertama kali memasang aplikasi di komputer.

pilihan sinkronisasi folder google drive
Contoh pilihan folder Google Drive di Mac

Cara memilih sinkronisasi folder di Google Drive:

  1. Klik tombol Menu  > Preferences.
  2. Pilih ‘Sync only these folder‘.
  3. Lalu pilih folder yang ingin kamu sinkronkan.
    —Untuk menambah folder lain, pilih ‘Choose Folder‘.

Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi data dari perangkat dengan USB (flashdisk) atau SD card:

  1. Klik tombol Menu  > Preferences.
  2. Pilih ‘Sync only these folder‘.
  3. Pilih ‘USB Devices & SD cards‘.
  4. Tekan ‘Plug in a camera or phone to back up files‘.
  5. Tekan ‘OK‘.

[irp posts=”36767″ name=”6 Aplikasi Google Untuk Smartphone”]

3. Perhatikan Jenis File

Google Drive mendukung banyak format file yang umum. Seperti: File Microsoft Office, PDF, gambar (JPEG, PNG, GIF, TIFF, BMP, dan WEBP), video (MPEG4, 3GP, AVI, MOV, WMV, FLV, OGG, MPEGPS, dan WebM), suara (MP3, MPEG, WAV), file Adobe Photoshop, font, dll.

Pilih file penting yang kemungkinan besar sering kamu buka. Ingat, beberapa file bisa punya ukuran yang besar. Misalnya file video atau lagu kualitas tinggi (flac). Sekali lagi, kalau kamu memakai koneksi internet dengan kuota terbatas, berhati-hatilah.

4. Gunakan Seperti File Manager Biasa

upload file di google drive lewat browser

Untuk keperluan sehari-hari, cara menggunakan Google Drive sama seperti kamu menggunakan file manager biasa (Explorer di Windows / Finder di Mac / file manager handphone). Pindahkan file yang mau kamu sinkronkan ke cloud di folder yang sudah kamu pilih. Lalu Drive akan upload file itu dan kamu bisa membukanya di perangkat lain.

Selain itu kamu bisa membuka halaman website Google Drive milikmu, lalu upload file di sana (drag n drop). Kamu juga bisa membuat folder baru (tekan tombol ‘BARU‘), dan kegiatan lain layaknya di file manager.

5. Manfaatkan Upload Tanpa Batas Google Photo

Google Drive menawarkan kapasitas sebesar 15 GB secara gratis. Kapasitas itu termasuk untuk Google Photo. Sekali lagi, perhatikan poin nomer satu dan dua.

Untungnya, Google Photo punya penawaran penyimpanan foto gratis tanpa batas. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih untuk menyimpan foto High Quality. Selain itu—misalnya ukuran asli—akan memakan kapasitas Google Drive.

[irp posts=”44580″ name=”20 Tahun Google.com dan Perubahan Tampilan Google Search”]

6. Buat Dokumen di Google Drive

buat dokumen di google drive
Buat dokumen di Google Drive

Perlu membuat dokumen, tabel lembar kerja, slide, dll dengan cepat? Kamu bisa membuatnya di halaman Google Drive milikmu (selain dari aplikasi Google Docs, Sheets, dan Slide di handphone).

Cara membuat dokumen di Google Drive

  1. Buka halaman Google Drive.
  2. Klik tombol ‘BARU‘.
  3. Lihat pilihan di bawah, pilih dokumen yang ingin kamu buat.
  4. Klik ‘Lainnya‘ untuk melihat jenis berkas lain.

Kamu juga bisa memilih untuk mengkonversi file dokumen lain ke format Google Docs secara otomatis.

  1. Klik ikon gerigi .
  2. Klik Setelan.
  3. Centang pilihan ‘Konversikan file upload‘.

7. Manfaatkan Fitur Berbagi dan Kolaborasi

Google Drive merupakan salah satu pionir fitur kolaborasi di layanan cloud. Kalau kamu punya file yang sering kamu gunakan bersama teman (misal daftar buku yang harus dibaca), kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Kamu juga bisa mengatur siapa yang bisa mengakses file dan folder, siapa yang bisa mengedit, siapa yang bisa berkomentar, siapa yang hanya bisa melihat.

Itulah beberapa tips cara menggunakan Google Drive yang layak kamu coba. Percayalah, kalau kamu menggunakan layanan cloud dengan efisien, kamu tidak akan repot dengan proses memindah file dari komputer ke perangkat lain. Kamu juga tidak akan repot bolak-balik mengirim file ke teman yang membutuhkan. Bukankah begitu?