Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Heboh Twitter Blokir Postingan Medsos Lain, Takut Kesaingan Ya?

twitter blokir postingan medsos lain
Sumber: The Guardian
Indri Penulis

Viral Twitter blokir postingan medsos lain. Menurut kabar yang beredar, langkah ini diambil Twitter karena mereka nggak mau kesaingan.

Elon Musk mungkin belum lama resmi menjabat sebagai CEO Twitter. Tapi sejak Twitter dipegang Elon Musk, media sosial ini terus-terusan menjadi bahan gosip netizen.

Bukan tanpa sebab, soalnya berbagai kebijakan terbaru Twitter yang dibikin Elon Musk cukup menghebohkan. Contohnya, Elon Musk resmi bikin kebijakan akun centang biru Twitter berbayar setiap bulannya.

Tidak hanya itu, Elon Musk juga kembali bikin geger. Pasalnya ia memerintahkan untuk me-suspend akun Twitter berjamaah. Akun yang di-suspend adalah mereka yang pernah membagikan URL dari situs lain (dalam hal ini jurnalis). Tapi nyatanya, akun non-jurnalis justru ikut kena suspend.

Nggak berhenti sampai di situ. Baru-baru ini Twitter blokir postingan medsos lain. Konon katanya, Twitter bikin kebijakan baru ini biar nggak kesaingan sama kompetitornya. Hm.. Apa iya? Mari kita cek.

Kebijakan Baru, Twitter Blokir Postingan Medsos Lain!

Pada tanggal 19 Desember 2022, Elon Musk bikin cuitan baru di akun Twitter-nya. Dalam cuitan tersebut, Elon Musk mengatakan bahwa Twitter bakal suspend akun yang bikin cuitan dengan tujuan mempromosikan kompetitornya.

twitter blokir postingan medsos lain
Sumber: Twitter/Elon Musk

Bisa disimpulkan dari cuitan di atas, Elon Musk nggak mengizinkan promosi gratis di Twitter. Apalagi kalau akun tersebut jelas-jelas mempromosikan medsos kompetitor Twitter.

Maksudnya mempromosikan medsos kompetitor itu seperti apa? Contohnya yakni dengan mengunggah postingan yang berisi URL dari medsos lain ke Twitter.

Nggak berselang lama setelah Elon Musk bikin cuitan di atas, akun Twitter Support langsung tancap gas. Akun tersebut turut memberikan penjelasan medsos apa saja yang ‘haram’ nongol di Twitter.

twitter blokir postingan medsos lain
Sumber: Twitter/Twitter Support

Kami menyadari bahwa banyak pengguna kami yang aktif di platform media sosial lainnya. Tapi, kami tidak lagi mengizinkan promosi gratis untuk platform media sosial tertentu di Twitter,” tulis akun tersebut.

Baca Juga:  Jilat Ludah Sendiri, Elon Musk Siap Beli Twitter Lagi!

Secara khusus, kami akan menghapus akun yang dibuat semata-mata bertujuan untuk mempromosikan platform media sosial lain. Atau memposting konten yang berisi tautan / nama pengguna untuk platform berikut: Facebook, Instagram, Mastodon, Truth Social, Tribel, Nostr, dan Post,” lanjutnya.

Menariknya medsos lain seperti Onlyfans, Reddit, TikTok dan Tumblr nggak masuk dalam ‘daftar hitam’ Twitter. Jadi kemungkinan pengguna masih bisa menautkan akun mereka ke platform tersebut.

Lebih lanjut, Twitter memperjelas kebijakan tersebut. Twitter mengatakan bahwa menautkan URL medsos lain ke cuitan dan akun ‘sangat dilarang.’ Selain itu, pemakaian agregator tautan seperti linktr.ee dan lnk.bio juga bakal dilarang.

Selain itu, setiap upaya untuk melewati pembatasan tautan eksternal ke platform media sosial yang dilarang di atas lewat cara teknis dan non-teknis (contoh menyisipkan URL, penyamaran teks biasa), juga merupakan pelanggaran terhadap kebijakan ini,” kata Twitter.

Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, mengeja ‘titik’ untuk platform media sosial yang menggunakan ‘.’ dalam nama untuk menghindari pembuatan URL, atau berbagi tangkapan layar dongle Anda di platform media sosial terlarang,” tutup Twitter.

Bisa dibilang, ini adalah kebijakan terbaru Twitter yang paling liar. Apalagi dulu Elon Musk mengklaim kalau dia sangat mendukung kebebasan berbicara. Tapi setelah ada kebijakan seperti itu, kelihatan banget kalau Twitter takut kehilangan penggunanya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]