Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tiru TikTok, Twitter For You Hadir Sebagai ‘Wajah Baru’ Beranda Twitter

twitter for you
Sumber: Makemac
Indri Penulis

Halaman beranda Twitter sekarang berubah jadi Twitter For You. Yakni berisi postingan ‘algoritmik’ yang konsepnya mirip TikTok.

Twitter sudah ada selama puluhan tahun. Selama bertahun-tahun menemani pengguna, konsep halaman beranda Twitter nggak pernah berubah.

Sejak dulu, halaman beranda Twitter selalu menampilkan postingan feed sesuai kronologi/waktu postingan. Tapi sepertinya sekarang ada ‘sedikit perubahan’ di halaman beranda Twitter.

Hadirnya Halaman Beranda Twitter For You

Dilansir dari akun Twitter Support (via situs The Verge), Twitter baru-baru ini telah mengubah konsep halaman berandanya. Kalau sebelumnya halaman beranda diisi postingan kronologis, sekarang yang ditampilkan adalah postingan sesuai algoritme.

twitter for you
Sumber: Twitter/Twitter Support

Saat ini perubahan tersebut baru diluncurkan ke pengguna Twitter iOS. Buat pengguna iOS yang sudah mendapat pembaruan, kamu bakal melihat hilangnya tombol bintang di sebelah kanan atas (yang fungsinya untuk beralih di antara dua feed).

Sebagai gantinya, sekarang Twitter iOS punya dua tab. Satu tab berlabel “For You,” dan satunya lagi berlabel “Followed.” Lalu saat kamu membuka aplikasi Twitter iOS, secara default kamu bakal melihat tab Twitter For You lebih dulu.

Tab For You tentu nggak asing bagi banyak orang, khususnya pengguna TikTok. Nah pertanyaannya, apakah fungsi tab ini juga sama seperti yang ada di TikTok?

Fyi, For You sebenarnya mirip dengan opsi ‘Home’ versi lama. Yakni menampilkan cuitan orang lain yang kamu ikuti secara nggak berurutan. Kemudian diselingi berbagai cuitan yang mungkin bakal kamu sukai.

Walaupun pengguna Twitter tetap bisa membuka umpan kronologis, tapi kehadiran tab For You mungkin agak mengganggu. Kenapa?

Soalnya mayoritas pengguna Twitter mungkin tetap suka umpan kronologis. Bukannya umpan acak yang ditampilkan sesuai algoritma.

Baca Juga:  Twitter Uji Fitur "Try Twitter" - Bisa Follow Orang Tanpa Punya Akun

Berbeda dengan pengguna TikTok. Mayoritas pengguna TikTok nggak terlalu terpaku dengan postingan akun yang mereka ikuti.

Justru sebaliknya, mayoritas pengguna TikTok lebih suka nonton video-video yang masuk FYP (karena dianggap jauh lebih seru).

Nah postingan-postingan yang masuk FYP ini kebanyakan justru diisi oleh akun-akun asing, yang urutannya diposting secara algoritmik. Jadi sudah jelas postingan yang masuk FYP nggak pernah teratut urutannya.

Di sisi lain, tampilan lama dengan tombol bintang saat ini masih tersedia di Android dan Twitter Web. Tapi belum diketahui, kapan pengguna Android dan Twitter Web bakal kebagian fitur yang sama.

Kalau kamu sebagai pengguna Twitter, lebih suka yang mana? Tampilan lama atau baru? Kalau saya sih jujur lebih suka tampilan yang lama. Soalnya saya bisa lebih fokus melihat cuitan orang-orang yang saya ikuti. Bukannya cuitan orang lain yang bahkan mungkin nggak saya kenali.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]