Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Asyik! Sekarang Twitter Punya Fitur Caption Otomatis untuk Video

Indri Penulis

Twitter resmi meluncurkan fitur caption otomatis untuk video. Sekarang setiap video yang kamu unggah bakal menampilkan caption otomatis di dalamnya.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Twitter lewat akun @TwitterSupport. Sedangkan menurut keterangan yang mereka beberkan ke The Verge, fitur anyar ini dibikin dalam rangka memudahkan Twitter agar lebih mudah diakses semua orang.

Nggak cuma itu, dalam pengumumannya Twitter juga mengungkapkan kalau fitur anyar ini akan tersedia di aplikasi Android, iOS dan web.

Khusus untuk di aplikasi Android dan iOS, caption akan diaktifkan secara default pada video yang dibisukan. Sedangkan di web, kamu akan melihat tombol “CC” baru di pemutar video. Tombol ini bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan/menonaktifkan caption dengan cepat.

Lebih lanjut, fitur caption video otomatis Twitter akan tersedia dalam lebih dari 30 bahasa termasuk Inggris, China, India, Spanyol, Jepang, dll. Nanti teks akan muncul dalam bahasa asli saat video diunggah.

Sayangnya fitur tersebut belum dilengkapi penerjemah teks. Selain itu, caption otomatis juga hanya akan berfungsi pada video yang baru diunggah. Itu artinya kamu nggak akan bisa melihat caption otomatis di video lama (video yang diunggah sebelum hadirnya fitur caption otomatis).

Sebenarnya caption otomatis bukanlah fitur baru di Twitter. Sebelumnya, caption otomatis sudah terlebih dulu diluncurkan untuk melengkapi fitur tweet suara. Kemudian awal tahun ini, Twitter menambahkan caption otomatis ke Twitter Space.

Di sisi lain, Twitter akhir-akhir ini memang telah menguji banyak hal ke platform-nya. Twitter sempat menguji tombol downvote untuk tweet, tab Explore baru yang bergaya vertikal mirip TikTok di India, kemampuan mengunggah video yang lebih panjang, format iklan yang letaknya ada di antara balasan tweet, dll.

Yah, kita tinggal menunggu waktu saja sampai semua fitur tersebut resmi meluncur di Indonesia. Kalau menurutmu, kira-kira fitur mana yang kelihatan menarik?

    %d blogger menyukai ini: