Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ubisoft Transfer Game dari Google Stadia ke PC Resmi Dimulai, Imbas Google Stadia Tutup!

ubisoft transfer game dari google stadia
Sumber: The Indian Express
Indri Penulis

Ubisoft transfer game dari Google Stadia ke PC resmi dimulai. Hal ini dilakukan menjelang tutupnya Google Stadia tahun depan.

Google Stadia adalah salah satu platform streaming game populer di dunia. Platform streaming besutan Google ini telah menjadi tempat strategis developer untuk mempromosikan game-nya.

Namun kabar yang mengejutkan datang di bulan September 2021. Nggak ada angin, nggak ada hujan, Google tiba-tiba mengumumkan Google Stadia tutup tahun depan.

Sontak kabar tersebut tak hanya mengejutkan para pengguna. Namun developer yang sudah mempersiapkan game mereka untuk dipasarkan lewat Google Stadia juga ikutan kalang kabut.

Salah satu developer game, Ubisoft baru-baru ini sudah mulai mengambil langkah antisipasi. Sebelum Google Stadia resmi tutup, proyek Ubisoft transfer game dari Google Stadia ke PC resmi dimulai.

Ubisoft Transfer Game dari Google Stadia ke PC

Seperti yang saya katakan tadi, tutupnya Google Stadia memberikan imbas yang sangat besar ke developer. Soalnya dengan ditutupnya Google Stadia, para developer jadi kehilangan salah satu ‘lapak jualan’ untuk game besutan mereka.

Ubisoft hanyalah salah satu developer yang kehilangan lapak jualannya. Tapi dari pada galau, Ubisoft lebih memilih mengambil langkah antisipasi. Yakni dengan transfer game dari Google Stadia ke PC.

ubisoft transfer game dari google stadia
Sumber: Mobidictum

Sebenarnya nggak lama setelah Google mengumumkan penutupan Stadia, Ubisoft sudah langsung merilis pengumuman. Mereka mengatakan bahwa setiap judul game Ubisoft yang dibeli via Stadia, bakal bisa ditransfer ke PC dan dimainkan seperti biasa.

Waktu itu, Ubisoft juga berjanji bahwa mereka akan membagikan ‘detail spesifik serta dampaknya bagi pelanggan Ubisoft+ di kemudian hari.’

Nah sekarang situs 9to5Google melaporkan bahwa proses ‘migrasi’ tersebut diam-diam sudah dimulai. Tercatat proses migrasi game dari Stadia ke PC sudah dilakukan sejak tanggal 16 Desember 2022.

Baca Juga:  Game Over! Google Tutup Google Stadia dan Balikin Uang Semua Pelanggan

Dalam proses transfer ini, Ubisoft bakal mentransfer lisensi game secara otomatis ke PC lewat Ubisoft Connect. Tapi sebelum itu, pengguna perlu menautkan akun Ubisoft dan Google Stadia mereka.

Sementara itu, beberapa pengguna Reddit melaporkan bahwa nggak semua game Ubisoft yang dibeli di Stadia otomatis pindah ke Ubisoft Connect.

Hanya game yang mendukung cloud cross-save sajalah yang bisa berpindah otomatis. Selain itu data game yang disimpan ‘tidak dijamin’ bisa ikut pindah ke Ubisoft Connect. Itu artinya, pemain terpaksa harus mengulang game dari awal.

Di sisi lain, sampai sekarang belum ada kabar lebih lanjut dari Google atau Ubisoft. Yakni tentang bagaimana proses transfer otomatis ini bisa memengaruhi pengembalian uang yang dikeluarkan untuk game Stadia, add-on dan biaya berlangganan.

Juga tidak ada yang menunjukkan game Ubisoft mana yang sudah ditransfer dari Google Stadia. Selain itu, pengguna juga tidak mendapat notifikasi yang memberi tahu bahwa proses transfer telah terjadi.

Sementara itu, Google Stadia akan resmi ditutup per tanggal 18 Januari 2023. Gimana, kamu punya kenangan apa aja dengan Google Stadia? Boleh share di kolom komentar dong!


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]