Horee.. Sebentar Lagi Kamu Bakal Punya Opsi Sembunyikan Like di Instagram!

Instagram saat ini digosipkan tengah menguji sebuah fitur baru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk sembunyikan like di Instagram.

Platform ini menguji coba fitur anyar untuk pengguna tertentu. Buat yang kebagian uji coba, mereka dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah Like pada kiriman pengguna lain, serta milik mereka sendiri.

Cara Kerja Opsi Sembunyikan Like di Instagram

Dilansir dari Make Use Of, Adam Moserri, Kepala Instagram, mengumumkan di Twitter bahwa Instagram akan memperluas uji coba fitur sembunyikan Like di pengguna lain.

Instagram awalnya memulai uji cobanya pada tahun 2019. Kala itu, pengujian dilakukan untuk ‘melihat apakah hal tersebut dapat mengurangi beberapa tekanan saat memposting di Instagram atau tidak.’

Sayangnya, uji coba tersebut justru tidak memberi kebebasan pada pengguna. Mereka tidak bisa memilih apakah ingin menyembunyikan Like atau tidak.

Jadi kami menguji opsi baru yang memungkinkan Anda memutuskan pengalaman terbaik. Entah itu dengan memilih menyembunyikan jumlah Like pada postingan orang lain, menonaktifkannya untuk postingan Anda sendiri, atau mempertahankan pengalaman asli,” kata Adam Moserri dalam cuitannya.

Itu artinya, pengguna yang menjadi bagian dalam tes uji coba, kini bisa menyembunyikan Like pada kiriman publik di Instagram, menyembunyikan Like pada kiriman mereka sendiri, atau memilih untuk tidak menyembunyikan Like sama sekali.

Pada awal uji coba di tahun 2019, beberapa pengguna—terutama influencer—sempat mengeluhkan ‘hilangnya jumlah Like’ . Sebab hal ini mempersulit mereka saat melihat jenis postingan apa yang paling populer.

Kini dengan memberi pengguna opsi baru dalam hal menyembunyikan Like, Instagram tak hanya akan memuaskan influencer yang mengkhawatirkan jumlah Like, tapi juga mereka yang merasa lebih nyaman memakai Instagram tanpa melihat Like.

Di sisi lain, bukan cuma Instagram, tapi Moserri juga mengatakan bahwa Facebook sedang ‘mengeksplorasi pengalaman serupa.’ Ini berarti, Facebook mungkin juga akan menghadirkan opsi untuk menyembunyikan Like kepada pengguna.

Facebook sendiri juga ikut berpartisipasi dalam tes uji coba sejak 2019. Waktu itu, Facebook memulai tes untuk menghapus hitungan Like. Namun hingga kini, belum ada kabar kapan tes terbarunya akan dimulai.

Pertanyaannya, kenapa sih Instagram dan Facebook harus menghadirkan fitur sembunyikan Like? Hm, sepertinya Instagram dan Facebook tertarik untuk melihat bagaimana dampak dari fitur sembunyikan Like.

Sebab, selama ini jumlah Like dianggap bisa membuat pengguna merasa tertekan. Bahkan ada beberapa kasus di mana pengguna merasa depresi dan cemas karena jumlah Like di postingannya sangat sedikit.

Nah, dengan adanya opsi sembunyikan Like, pengguna Instagram dan Facebook bakal punya opsi sesuai selera mereka. Apakah mereka ingin memperlihatkan jumlah Like atau tidak.

Kalau kamu tim mana nih? Lebih suka menampilkan jumlah Like atau menyembunyikannya?

%d blogger menyukai ini: