Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Uji Coba TikTok Video Horizontal Tengah Dilakukan, YouTube Siap Ketar-Ketir!

tiktok video horizontal
Sumber: Tubefilter
Indri Penulis

Uji coba TikTok video horizontal tengah dilakukan. Mode ini bisa jadi bakal bikin YouTube ketar-ketir karena TikTok makin tak terkalahkan.

TikTok adalah pelopor video pendek vertikal. Ya, kita semua tentu paham soal itu. Nah yang namanya pelopor, pasti nggak bakal jauh-jauh dari proses ‘adopsi fitur’ yang dilakukan oleh pesaingnya.

Sebagai pelopor media sosial berbasis video vertikal, sudah banyak media sosial lain yang mengkloning TikTok. Contohnya bisa kita lihat pada Instagram Reels, Facebook Reels dan YouTube Shorts. Mereka semua adalah fitur yang jelas-jelas meniru konsep TikTok.

Merasa ditiru terus-menerus, TikTok sepertinya mulai melancarkan aksi balas dendam. Baru-baru ini dilansir dari TechCrunch, TikTok kabarnya tengah menguji coba video TikTok horizontal mirip seperti YouTube.

Uji Coba TikTok Video Horizontal Resmi Dilakukan

Selama ini seperti yang kita tahu, TikTok cuma punya satu mode layar penuh. Yakni mode video vertikal seperti yang bisa kita lihat.

Nah dalam uji coba kali ini, TikTok juga menawarkan satu lagi mode layar penuh berbentuk horizontal. Bentuknya nanti bakal mirip seperti mode layar penuh yang ada di YouTube.

tiktok video horizontal
Sumber: Eklipse

Sayangnya walau proses uji coba sudah diumumkan, masih belum diketahui kapan mode TikTok video horizontal ini akan rilis. Apalagi kalau proses uji cobanya nggak berjalan baik, bisa jadi TikTok akan membatalkan mode tersebut.

Di sisi lain, dengan proses uji coba mode TikTok video horizontal, mau nggak mau platform lain seperti YouTube bakal terancam. Soalnya mode video horizontal adalah salah satu fitur yang membedakannya dengan TikTok.

Kalau TikTok sudah punya mode horizontal, YouTube jelas bisa saja terancam. Apalagi sekarang TikTok juga sudah mendukung pengunggahan video berdurasi panjang. Kurang apalagi coba?

Baca Juga:  TikTok Hadirkan Fitur "TikTok Avatar" - Cara Baru Ekspresikan Diri Sendiri!

Yap, rasanya menarik melihat persaingan antara TikTok dan YouTube yang makin ketat. Di saat TikTok mengembangkan mode video horizontal, YouTube juga berjuang untuk meningkatkan popularitas Shorts.

Bahkan baru-baru ini YouTube mengumumkan strategi baru untuk menjaring lebih banyak kreator Shorts. YouTube mengatakan bahwa mulai tahun 2023, kreator Shorts bisa mendapatkan bayaran lewat pendapatan iklan Shorts.

YouTube juga telah menambahkan banyak fitur baru agar Shorts lebih menonjol. Contohnya dengan menghadirkan tampilan Shorts khusus untuk TV.

Instagram juga sama, ia coba merampas popularitas TikTok dengan mendebutkan fitur Reels. Walaupun Reels sangat populer, tapi kalau dibandingkan dengan TikTok, popularitasnya jelas masih kalah jauh.

Tapi masih terlalu dini untuk menilai keberhasilan YouTube Shorts dan Instagram Reels. Kita lihat saja nanti di tahun 2023, apakah mereka berdua bakal bisa ‘menggulingkan’ si raja video pendek TikTok atau tidak.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]