Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Update iOS 16.2 Resmi Rilis, Tawarkan Apple Music Sing dan Fitur Keamanan yang Lebih Canggih

update ios 16.2
Sumber: iPhone Hacks
Indri Penulis

Update iOS 16.2 resmi dirilis. Dalam update kali ini ada banyak fitur baru yang bisa dinikmati pengguna. Apa aja fiturnya? Yuk, kita cek!

Sudah menjadi tradisi kalau setiap tahun Apple akan merilis pembaruan besar untuk iOS. Tahun ini, Apple resmi merilis pembaruan OS besar yakni iOS 16.

Setelah perilisan pembaruan besar-besaran, Apple lanjut merilis pembaruan ‘kecil-kecilan.’ Contohnya iOS 16.1 yang datang beberapa waktu lalu. Dalam pembaruan tersebut, Apple menghadirkan fitur Live Activity, indikator baterai yang baru, dll.

Desember ini, Apple gantian merilis update iOS 16.2. Kira-kira apa aja hal baru yang disajikan pembaruan kali ini? Biar nggak penasaran, langsung simak ulasan saya berikut ini yuk!

Berbagai Fitur Baru Dalam Update iOS 16.2

Fitur pertama yang hadir dalam update iOS 16.2 adalah Apple Music Sing. Apple Music Sing adalah fitur karaoke yang terintegrasi langsung dengan Apple Music.

update ios 16.2
Sumber: Digital Trends

Sebenarnya saya sudah pernah membahas fitur Apple Music Sing secara rinci. Kalau kamu penasaran sama fitur ini, kamu bisa langsung baca artikel Apple Music Sing di sini.

Selain Apple Music Sing, iOS 16.2 juga menghadirkan beberapa fitur privasi baru. Contohnya fitur iCloud Backup Encryption yang lebih kuat. Ada juga dukungan kunci keamanan dan iMessage Contact Key Verification.

update ios 16.2
Sumber: TechCrunch

Fitur ketiga yang ditawarkan iOS 16.2 adalah batas AirDrop selama 10 menit. Artinya, iOS 16.2 kini membatasi pengaturan ‘semua orang’ untuk izin AirDrop maksimal sampai 10 menit. Sebenarnya perubahan ini sudah ada di China lebih dulu, tapi sekarang diluncurkan secara global.

Dukungan keempat yang dihadirkan iOS 16.2 adalah perubahan terhadap cara Notification Center dalam menampilkan notifikasi. Dulu pengguna perlu swap layar ke atas untuk melihat notifikasi lebih lama. Tapi sekarang notifikasi akan ditampilan lebih lama secara default.

Sementara itu iOS 16.2 juga menghadirkan opsi tampilan selalu aktif. Khusus untuk iPhone 14 Pro, sekarang ada dua sakelar baru yang bisa diakses lewat ”Settings > Display & Brightness > Always On Display.” Kedua sakelar itu bisa untuk mematikan wallpaper, dan satunya untuk mematikan notifikasi.

Baca Juga:  Apple Music Punya Fitur Apple Music Sing, Bisa Karaoke Langsung dari Aplikasi

Nah yang nggak kalah menarik, iOS 16.2 kini menyajikan widget layar kunci baru. Widget ini dirancang untuk merekam data aktivitas tidur dan obat-obatan yang dikonsumsi dari aplikasi Health.

svg%3E
Sumber: Apple

Fitur selanjutnya yang disajikan iOS 16.2 adalah Freefrom. Ini adalah aplikasi produktivitas untuk iPhone, iPad dan Mac. Fungsinya memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan orang lain di papan tulis digital.

Terakhir, iOS 16.2 memungkinkan pengguna untuk memperbarui tampilan Home mereka. Tapi dengan catatan, semua perangkat hub Home seperti HomePod dan Apple TV harus di-update ke versi 16.2.

Nah Urban People, itu dia berbagai fitur baru yang hadir di update iOS 16.2. Dari beberapa fitur yang saya sebutkan di atas, mana yang paling kamu suka?


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]