Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Update Aplikasi Gratis WordPress di iOS Tertahan Karena Tarif App Store

wordpress iphone
Anom Penulis

Layanan blog terkenal, WordPress, juga tersangkut masalah App Store dari Apple. Update atau pembaruan aplikasi WordPress untuk iOS (iPhone dan iPad) tertahan karena Apple ingin ada pembelian dalam aplikasi.

Sebelum ini kita sudah mendengar gonjang-ganjing masalah App Store. Beberapa pengembang aplikasi populer memprotes tarif yang diterapkan di bursa aplikasi perangkat Apple itu. Beberapa di antaranya ada Spotify, Match Group (Tinder), dan Rakuten.

popculture.id

Tapi yang paling terkenal tentu saja Epic Games dengan aksi protesnya yang juga epik. Bahkan sampai game Fortnite dihapus dari App Store dan Epic menuntut Apple. Epic kemudian menjalankan kampanye #FreeFortnite yang meliputi parodi iklan Apple dan turnamen di dalam game Fortnite.

WordPress Tersangkut Masalah App Store

Yang mengejutkan, layanan blog populer WordPress juga terkena masalah ini. Matt Mullenweg, sang pendiri WordPress, menyatakan di Twitter kalau update aplikasi di iOS tertahan. Alasannya, karena Apple ingin ada proses transaksi di aplikasi WordPress.

tweet matt mullenweg soal wordpress di app store

Terus terang ini aneh tapi luar biasa. WordPress merupakan aplikasi untuk membuat dan mengelola website secara gratis. Tidak menjual apapun. Karena WordPress merupakan proyek open source (di bawah WordPress.org).

WordPress memang memiliki layanan komersial yang meliputi nama domain, hosting, dan paket website yang lebih lengkap. Namun, layanan ini terpisah (di bawah WordPress.com). Aplikasi hanya berguna untuk mengelolanya, tidak menjual layanan itu.

aplikasi wordpress di app store

Matt Mullenweg menyatakan pada The Verge kalau ia tidak akan melawan permintaan Apple itu. Ia akan meletakkan pembelian dalam aplikasi untuk layanan komersial WordPress.com.

Sebelum ini, beberapa penerbit juga mempertanyakan kenapa Amazon, yang notabene perusahaan raksasa, mendapat kesepakatan istimewa di App Store dengan tarif 15% bukan 30% untuk Prime Video.

Kembali ke masalah WordPress, sekali lagi, ini aneh tapi luar biasa. Perusahaan paling kaya di dunia bisa memaksa proyek open source untuk membayar! Yah, memang mungkin itu alasannya kenapa Apple jadi perusahaan paling kaya.

EDIT: Supaya obyektif, kalau WordPress meletakkan pilihan pembelian dalam aplikasi, ini tidak akan mempengaruhi pengguna gratis. Hanya memberi pilihan untuk yang ingin upgrade ke paket komersial WordPress.

UPDATE

Apple sudah memberi pernyataan soal hal ini. Mereka menyatakan kalau masalah dengan WordPress sudah selesai, karena pengembang sudah mencabut halaman pilihan pembayaran layanan (WordPress.com) dari aplikasi. Apple sudah memberitahu pihak pengembang dan minta maaf atas kesalahan ini.

Yang menarik, seperti yang sudah disebut di atas, aplikasi WordPress tidak menawarkan versi komersial di dalam aplikasi. The Verge menelusuri hal ini dan mendapati versi lama aplikasi yang menyebutkan versi komersial (tapi tetap tidak bisa bertransaksi dari aplikasi).

Jadi kelihatannya Apple sedikit melakukan”cek ombak” apakah ada kesempatan menarik pungutan dari aplikasi gratis yang punya layanan komersial di luar.

    %d blogger menyukai ini: