Video Prank Paling Populer “Rick Roll” Raih 1 Milyar Tayangan di YouTube

Video musik lagu “Never Gonna Give You Up” yang juga dikenal sebagai prank Rick Roll berhasil menembus lebih dari 1 milyar tayangan di YouTube. Hm, banyak yang jadi korban ya?

Lagu “Never Gonna Give You Up” meluncur ke publik pada tahun 1987. Lucunya, video musik lagu itu menjadi prank paling populer di internet.

Prank ini biasanya berupa kiriman tautan yang memancing untuk diklik (click bait), namun alih-alih menunjukkan apa yang kita pikir seharusnya muncul, tautan itu malah menunjukkan video musik tersebut.

Prank Rick Roll ini mulai di situs 4chan pada tahun 2006, menjadi populer di tahun 2008, dan masih sering dilakukan hingga kini. Misalnya di situs Reddit. Tapi memang, prank ini lebih populer di negara berbahasa Inggris.

Rick Roll Raih 1 Milyar Tayangan YouTube

Kepopuleran Rick Roll sebagai prank berhasil mendorong jumlah tayangan video itu di YouTube. Yah, mungkin juga akhirnya banyak yang penasaran selain menjadi korban. Video itu kini sudah meraih lebih dari 1 milyar tayangan di YouTube.

video rick roll youtube

Tentu, jumlah ini masih kalah bila dibanding rekor YouTube lain, seperti video Baby Shark, “Despacito” dari Luis Fonsi, atau “Shape of You” dari Ed Sheeran. Rick Astley sendiri, dengan jumlah 2,32 juta subscriber, masih jauh di bawah BLACKPINK yang mengantongi 63,4 juta subscriber.

Tapi toh sang bintang pop ini masih mengapresiasi kepopuleran video musiknya itu. Ia pun berterima kasih pada para penonton.

Video prank Rick Roll ini memang menjadi fenomena tersendiri di jagat maya. Tidak jarang pula video ini jadi bahan perbincangan di berbagai talk show dan forum-forum.

Bahkan Foo Fighter pun pernah mengajak Rick Astley naik panggung, dan berkolaborasi menyanyikan lagu “Never Gonna Give You Up.” Hebatnya, citra Rick Astley yang tadinya dianggap bintang pop menye-menye, kini justru jadi cool. Seperti yang disebut Dave Grohl, “Badass motherf**ker.”

%d blogger menyukai ini: