Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Vivo APEX 2019: Super Unibody, Full-Display Fingerprint, dan 5G

APEX 2019 Concept Smartphone
Anom Penulis

Vivo mengumumkan secara resmi Vivo APEX 2019 di Beijing, Cina. Handphone ini memiliki konstruksi Super Unibody, sensor sidik jari satu layar penuh, dan siap untuk koneksi 5G.

Seperti kabar yang sudah beredar sebelumnya, ponsel Vivo APEX 2019 ini menggunakan apa yang disebut dengan Curved-Surface Waterdrop Glass dan tanpa ada bagian terbuka. Jadi tidak ada speaker, colokan, dan tombol fisik.

popculture.id

Vivo menyebutkan bahwa ponsel konsep ini menunjukkan bagaimana desain minimalis bisa hadir di ponsel masa depan dan semua itu mungkin terwujud.

Desain Super Unibody

desain bodi Vivo APEX 2019

Dengan desain ini, Vivo menyajikan layar penuh yang mereka sebut sebagai FullView. Bingkai sangat tipis dan tak ada elemen yang mengganggu lain, seperti takik/notch.

Vivo juga mengganti tombol fisik dengan apa yang mereka sebut sebagai Touch Sense technology. Gabungan antara teknologi sentuh kapasitif dengan sensor tekanan. Sensor akan bisa mengenali apabila pengguna menekan bagian pinggir ponsel dan mengenali posisi serta gerakannya.

Kemudian, Vivo juga menjelaskan bahwa colokan USB berganti menjadi MagPort. Sebuah konektor magnet yang memungkinkan pengisian daya dan transfer data.

Terakhir, Vivo menjelaskan bahwa fungsi speaker berada di layar. Hal ini mungkin terjadi karena teknologi Body SoundCasting, yang mengantar suara lewat getaran di permukaan layar.

Sensor Sidik Jari Satu Layar Penuh

Vivo merupakan pionir sensor sidik jari di layar (FOD). Teknologi ini pun mulai banyak dipakai. Vivo mengembangkan teknologi ini lebih jauh lagi.

Vivo APEX 2019 menggunakan Full-Display Fingerprint Scanning. Jadi seluruh layar ponsel ini bisa dipakai sebagai sensor sidik jari. Untuk mempermudah proses pemindaian, Vivo juga melengkapinya dengan Fingerprint Light Function. Ketika jari pengguna mendekat ke layar, pixel di sekitar bidang sentuhan akan bercahaya agar bentuk sidik jari lebih mudah dikenali.

ponsel vivo apex 2019

Koneksi 5G dan AI

Ya, sebentar lagi koneksi 5G akan tiba. Semua perusahaan ponsel sudah mulai mempersiapkan teknologinya. Tentunya termasuk Vivo.

APEX 2019 menggunakan prosesor Snapdragon 855 dengan modem Snapdragon X50 yang sudah siap dengan koneksi 5G. Selain itu, prosesor tersebut juga mendorong kemampuan teknologi AI. Salah satunya adalah asisten digital dari Vivo yang bernama Jovi.

Vivo juga menyebutkan bahwa APEX 2019 menggunakan desain Duplex PCB di motherboard-nya. Sehingga lebih irit ruang, dan bisa dimanfaatkan secara optimal untuk modul 5G.

Handphone Konsep

Seperti sudah disebut di atas, Vivo APEX 2019 merupakan handphone konsep. Sebuah contoh bahwa teknologi tertentu sudah bisa dibuat dan digunakan. Namun, ini bukan berarti akan segera dipasarkan.

Walau begitu, sebagai sebuah pembuktian, handphone konsep ini sudah memiliki wujud nyata. Vivo menyebutkan akan menampilkan Vivo APEX 2019 di ajang MWC bulan Februari 2019 di Barcelona. Tapi kalau kamu ingin melihatnya, silakan tengok video di bawah ini.

Tahun 2018 sudah membuktikan bahwa handphone konsep bisa menjadi nyata. Lihat saja penggunaan sensor sidik jari di layar. Bukan tidak mungkin ponsel Vivo APEX 2019 ini juga segera dipasarkan. Yah, kita lihat saja nanti.

    %d blogger menyukai ini: