Website untuk Mengikuti Tren Film Box Office Terbaru

film box office

Sebagai seorang moviegoers, mengikuti tren film box office terbaru bagi saya adalah wajib hukumnya. Apalagi untuk mencari apa film bagus yang direkomendasikan.

Yah, tidak semua film box office merupakan film bagus. Ada yang promosinya dahsyat, tapi ternyata biasa saja. Ada yang dari poster atau trailer filmnya keren, tapi ternyata mengecewakan. Akhirnya, saya terbiasa mencari tahu terlebih dulu.


Baca juga: Apa Saja Film Bioskop Terbaru yang Layak Ditunggu?


Kalau kamu juga pecinta film, pasti juga punya kebiasaan yang sama. Nah, berikut ini ada beberapa website yang bisa menjadi acuan tren film box office terbaru.

The Movie DB (TMDB)

film box office di TMDB

TMDB adalah sebuah website database film dan serial TV berbasis komunitas. Semua data yang ada ditambahkan secara terus menerus sejak tahun 2008. TMDB menampilkan film-film dari berbagai negara, tidak fokus pada film Hollywood saja.

Database yang dimiliki oleh TMDB begitu lengkap sampai digunakan oleh layanan dan aplikasi lain. Beberapa layanan populer yang menggunakan database TMDB adalah Plex, Letterboxd, dan Trakt.tv.

Selain layanan di atas, TMDB juga bisa diakses melalui berbagai aplikasi pihak ketiga. Misalnya CinemApp (Android),  Cineast (iOS), dll.

IMDb

film box office di IMDB

Siapa yang tidak kenal IMDb? Internet Movie Database atau IMDb merupakan situs film paling populer. IMDb juga memiliki data untuk serial TV. Namun situs ini lebih dikenal sebagai situs film.

Yang menarik, IMDb memiliki layanan IMDb Pro tempat orang-orang industri film (sutradara, aktor, crew, dll) bisa memasang foto, profil, dan riwayat karir mereka. Layanan ini bisa digunakan dengan berlangganan. Bagi kita pengguna biasa, keuntungannya adalah data lebih akurat.

Tentu saja sebagai situs film paling terkenal, IMDb memiliki aplikasi mobile. Kita bisa mengaksesnya melalui IMDb untuk iOS atau IMDb untuk Android.


Baca juga: 10 Film Anime Terbaik Selain Buatan Studio Ghibli


Rotten Tomatoes

film populer di Rotten Tomatoes

Rotten Tomatoes merupakan sebuah situs informasi film, juga agregator untuk rating dan review film. Nama Rotten Tomatoes diambil dari budaya melempar tomat busuk ke panggung kalau hiburan tidak memuaskan.

Rotten Tomatoes memiliki indikator yang disebut Tomatometer dan Certified Fresh. Indikator tersebut berasal dari berbagai review dan rating kritikus film ternama. Selain itu, situs ini juga mengumpukan rating dan review film dari penonton biasa.

Rotten Tomatoes tidak memiliki aplikasi sendiri. Aplikasinya merupakan aplikasi dari perusahaan yang berdiri di belakangnya, yaitu Flixster (yang dimiliki oleh Fandango dan Warner Bros.). Karena Flixster memfokuskan diri di Amerika, aplikasi Movies by Flixster tidak tersedia di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Trakt

film populer di trakt tv

Trakt merupakan layanan untuk mengikuti film dan serial TV yang kita tonton. Kita bisa menandai serial TV dan film terbaru untuk ditonton, mengikuti jadwal tayang, menulis rating dan review film, dll.

Yang menarik, Trakt memiliki fitur check-in dan scrobbling saat kita menonton. Ibaratnya seperti Facebook atau Foursquare untuk film. Fitur scrobbling merupakan sistem yang “dipinjam” dari Last.fm. Fitur ini akan secara otomatis menandai film saat kita menontonnya. Trakt bisa juga disebut sebagai media sosial film dan TV.

Trakt memiliki integrasi dengan layanan lain. Seperti TMDB untuk informasi filmnya. Selain itu, Trakt juga terintegrasi dengan Kodi, Plex, Netflix, VLC, dll. Trakt juga bisa diakses melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti: Serist (Android dan iOS), iShows (iOS, TV dan Film), CineTrak (Android), SeriesGuide (Android), Trakter (Windows), dll.

Letterboxd

film populer di letterboxd

Letterboxd adalah sebuah situs tempat penyuka film berbagi rating dan review film. Selain itu, di Letterboxd kita bisa menandai film yang mau ditonton, membuat daftar film favorit (misalnya Film Studio Ghibli Terbaik), membuat diary film, dll.

Sama seperti Trakt, Letterboxd juga merupakan media sosial. Kita bisa follow pengguna lain dan memiliki follower. Terutama kalau punya selera film yang sama.

Saat ini selain melalui website, Letterboxd baru bisa diakses melalui aplikasi Letterboxd untuk iOS. Aplikasi Android sedang dibuat, namun tidak kunjung selesai. Sebelum ini saya pernah membahas soal Letterboxd.


Baca juga: 9 Film Superhero Marvel Terbaik Sejauh Ini


Dari daftar di atas, saya paling sering menggunakan Letterboxd sebagai tempat eksis. Sebelumnya, saya menggunakan Trakt. Kenapa? Karena di sana saya bisa membaca pengalaman penonton lain. Yang lain saya kunjungi kalau saya mau mencari informasi yang lebih detil.

Itulah beberapa website yang berguna untuk mengikuti tren film box office. Toh, kalau kamu punya selera tersendiri (film festival, dll), informasi itu juga bisa dicari di sana. Semoga berguna.

More Stories
Mengakali Salah Ketik dan Koreksi Otomatis di Keyboard Windows Phone