WhatsApp Umumkan Stiker Animasi dan Tambah Kontak Lewat Kode QR

WhatsApp mengumumkan beberapa fitur baru yang meliputi stiker animasi, tambah kontak lewat QR code, mode gelap di web dan aplikasi desktop, juga melihat salah satu peserta video call di jendela lebih besar.

Sebelum ini, beberapa fitur baru WhatsApp tersebut sudah muncul di versi beta. Baik uji coba menambah kontak dengan QR code maupun uji coba stiker animasi. Sedangkan mode gelap WhatsApp sudah hadir terlebih dulu di aplikasi smartphone.

WhatsApp akhirnya meresmikan fitur-fitur tersebut melalui pengumuman di blog resmi.

Penjelasan WhatsApp sendiri cukup singkat di sana.

  • Stiker Animasi: Stiker merupakan salah satu fitur yang berkembang pesat di antara pengguna WhatsApp. Oleh karena itu, WhatsApp merilis berbagai paket stiker animasi baru yang ekspresif.
  • QR Codes: Sekarang menambah kontak baru lebih mudah. Kalau kamu bertemu teman baru, kamu bisa menambahkan mereka ke dalam kontak di WhatsApp dengan memindai kode QR mereka, tidak perlu mengetik angka lagi.
  • Mode gelap di Web dan Desktop: Sekarang kamu bisa memakai dark mode WhatsApp di layar komputer.
  • Peningkatan Video Call: Setelah bisa melakukan panggilan video sampai 8 orang, kamu bisa menampilkan salah satu peserta lebih besar dengan tekan dan tahan tampilan video mereka. Selain itu ada pula tombol video untuk grup supaya lebih mudah mengaksesnya.
  • Status hadir di KaiOS: Fitur populer ini sekarang hadir di ponsel dasar (bukan smartphone) yang memakai sistem operasi KaiOS.
fitur baru Whatsapp

Hm, dari beberapa fitur baru WhatsApp tersebut, kelihatannya stiker animasi merupakan fitur yang paling dinanti. Melihat animasi lebih sulit dibuat, entah apakah stiker ini bisa dibuat sendiri oleh pengguna. Secara pribadi, saya berharap tampilan stiker bisa sedikit lebih besar dan memakai cara pembuatan yang lebih elegan seperti Telegram.

Menambah kontak dengan QR code tentu akan sangat praktis dipakai kalau kamu bertemu teman baru secara langsung. Tinggal pindai kode, nggak usah mengetik nama dan nomor telepon. Apalagi dengan kondisi social distancing seperti sekarang.

Sedangkan mode gelap, yah fitur ini banyak disukai. Jadi kita bisa ngobrol di WhatsApp web tanpa menjadi silau. Hehehe.

%d blogger menyukai ini: