OPPO Pamerkan ‘Wireless Air Charging’, Bisa Isi Baterai Jarak Jauh

oppo wireless air charging

Setelah perlombaan adu cepat isi daya di baterai, kini nampaknya inovasi bergerak ke arah pengisian nirkabel jarak jauh, seperti yang dipamerkan oleh OPPO dengan teknologi Wireless Air Charging mereka.

Sebelum ini kita sudah menyaksikan Xiaomi yang lebih dulu memamerkan teknologi “Mi Air Charge.” Mereka menyebutkan kalau teknologi itu bisa mengisi daya perangkat “dalam radius beberapa meter.” Selain Xiaomi, ada pula Motorola yang sempat memberi demo teknologi serupa. Pengisian saya nirkabel jarak jauh Motorola mampu menjangkau jarak 100cm.

Tidak mau kalah, OPPO juga memamerkan teknologi Wireless Air Charging melalui video di Weibo dan Twitter. Yah, video di Twitter lebih berupa infografis. Video di Weibo lebih menunjukkan kemampuannya secara nyata.

Dalam video berdurasi 30 detik di Weibo, OPPO menunjukkan rollable smartphone OPPO X 2021 yang diangkat dari meja, namun tetap mengisi daya.

Selain itu, ada pula video di Weibo yang kelihatannya semacam iklan dengan menunjukkan teknologi serupa.

Dari video di atas, kelihatannya jangkauan pengisian daya nirkabel jarak jauh itu… hm, tidak terlalu jauh. Posisi smartphone di tangan pun masih tegak lurus dengan meja (tempat pengisi daya), walau bergerak.

Berdasar Android Authority, OPPO menyebutkan kalau teknologi ini mengunakan “resonansi magnetik” dalam pengantar untuk acara MWC Shanghai mendatang. Walau tidak banyak informasi tersedia saat ini, Digital Chat Station mendapat bocoran kalau teknologi ini mampu mengisi daya dengan kecepatan 7,5W.

Kelihatannya teknologi dari OPPO ini memang tidak sedahsyat demo dari Xiaomi. Di sisi lain, “Wireless Air Charging” dari OPPO ini terlihat lebih realistis, mudah terwujud, dan cukup praktis dalam pemakaian sehari-hari.

%d blogger menyukai ini: