WOW! Jumlah Download TikTok Tahun 2019 Kalahkan Instagram

TikTok berhasil mengalahkan Instagram dalam jumlah download di tahun 2019. Jumlah tersebut didapatkan dari sejumlah survey.

Selama tahun 2019 kemarin, ada banyak perkembangan terjadi di dunia teknologi, khususnya dalam hal aplikasi. Mulai dari munculnya aplikasi baru, sampai persaingan ketat antar aplikasi.

Beberapa pihak bahkan sampai menggelar survey untuk menguji popularitas aplikasi selama 2019. Hasilnya, ada beberapa aplikasi baru yang berhasil menggeser pemain lama dalam jumlah unduhan.

Salah satu aplikasi yang cukup menyita perhatian adalah TikTok. Aplikasi yang terhitung baru ini berhasil menggeser Instagram dalam hal jumlah download di tahun 2019.

Sumber Gambar : News Break

Jumlah Download TikTok Tahun 2019

Sepertinya, tidak salah jika TikTok disebut sebagai aplikasi populer. Aplikasi ini tidak hanya booming di luar negeri, namun demam TikTok bahkan sudah sampai ke Indonesia.

Bisa kita lihat, sekarang banyak video TikTok lokal tersebar di media sosial. Tidak hanya remaja, bahkan anak-anak dan orang dewasa juga ikut membuat video TikTok.

Tidak tanggung-tanggung, TikTok sepertinya lebih populer daripada Facebook dan Instagram di tahun 2019. Padahal TikTok termasuk aplikasi baru. Sedangkan Facebook dan Instagram adalah pemain lama.

Hal tersebut dibuktikan dari beberapa data statistik yang beredar. Sebuah lembaga survey, Sensor Tower membuat data statistik terkait jumlah unduhan aplikasi tahun 2019.

Statistik diambil pada kuartal keempat 2019. Sementara itu, data terbagi menjadi tiga yakni statistik secara keseluruhan (dunia), Play Store dan App Store.

Sumber Gambar : Sensor Tower

Secara keseluruhan, TikTok mengakhiri 2019 sebagai aplikasi populer kedua (dalam jumlah unduhan). Aplikasi ini masih berada di belakang WhatsApp.

Sumber Gambar : Sensor Tower

Masih sama seperti statistik dunia, di Play Store TikTok menduduki peringkat kedua. Aplikasi ini masih berada di belakang WhatsApp, tapi ada di atas Instagram.

Sumber Gambar : Sensor Tower

Sementara dari statistik App Store, TikTok berhasil menduduki peringkat satu. Itu artinya, TikTok adalah aplikasi yang banyak diunduh pengguna iPhone dan iPad selama 2019.

Menariknya, unduhan TikTok di App Store tumbuh hampir 83% dibanding tahun sebelumnya. Selain jumlah unduhan, pendapatan aplikasi TikTok juga meningkat secara signifikan.

Jika dilihat dari ketiga data di atas, jelas kalau TikTok sudah melampaui Instagram. Padahal kita tahu, Instagram terbilang cukup lengkap dalam menyajikan fitur, dan sangat populer. Mungkin ini juga yang menyebabkan Instagram menguji fitur seperti TikTok di Brazil.