Xiaomi 12 Ponsel Snapdragon 8 Gen 1 Pertama. Lalu realme GT 2 Pro?

Indri Penulis

Xiaomi umumkan kalau Xiaomi 12 Series bakal jadi ponsel pertama yang pakai Snapdragon 8 Gen 1. Duluan mana sama realme GT 2 Pro ya?

Chipset flagship Snapdragon 8 Gen 1 telah resmi diumumkan pada tanggal 30 November 2021. Kehadiran Snapdragon 8 Gen 1 tentu menjadi sorotan banyak orang, khususnya penggemar ponsel flagship.

Pasalnya pendahulunya, Snapdragon 888 dipakai oleh berbagai ponsel flagship terkenal. Ponsel pertama yang bakal menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 pun pasti bikin bikin penasaran banyak orang.

Siap-siap, kita bakal bertemu dengan Xiaomi 12 Series. Baru-baru ini dalam sesi keynote di acara Snapdragon Tech Summit, pendiri Xiaomi, Lei Jun, mengonfirmasi kalau calon ponsel flagship Xiaomi 12 Series akan jadi seri ponsel Android pertama yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

“Xiaomi 12 Series akan menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1,” kata Lei Jun. Ia juga menambahkan kalau Xiaomi 12 Series akan segera tersedia.

Bicara soal Xiaomi 12 Series, selain bakal pakai chipset teranyar Qualcomm, dengar-dengar model standarnya Xiaomi 12 akan menggunakan layar hyperboloid beresolusi 2K, mendukung refresh rate 120Hs, triple-camera 50MP di belakang, mendukung fast-charging 120W, dan pakai MIUI 13 berbasis Android 12.

Terlepas dari bagaimana spesifikasi yang akan disajikan Xiaomi 12 Series, ada satu hal yang menggelitik saya dan mungkin kamu juga. Yakni klaim Xiaomi 12 Series sebagai seri ponsel pertama di dunia dengan Snapdragon 8 Gen 1, yang nggak sengaja kembar dengan klaim rivalnya, realme.

Jadi begini, di saat Xiaomi mengumumkan kabar tersebut, pesaingnya realme juga mengumumkan hal serupa dan di hari yang sama pula. Realme mengklaim kalau calon ponsel ‘ultra-premium flagship’ mereka, realme GT 2 Pro akan jadi ponsel pertama di dunia yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Satu-satunya kesamaan dari Xiaomi dan realme saat bikin pengumuman adalah, mereka belum mengumumkan kapan tanggal rilis dari calon ponsel flagship mereka. Bahkan saat pendiri Xiaomi pun nggak menyinggung soal kapan perilisan Xiaomi 12 Series.

Hanya saja, Xiaomi 12 Series pernah digosipkan rilis pada tanggal 12 Desember 2021. Kabarnya Xiaomi sengaja memilih tanggal 12 supaya mirip dengan penamaan Xiaomi 12 Series.

Ini nih yang bikin seru. Sama-sama belum mengumumkan tanggal perilisan, tapi sudah ‘bareng-bareng’ mengklaim mau mendebutkan ponsel pertama di dunia dengan Snapdragon 8 Gen 1. Hahaha.

Ya anggap saja ponsel flagship Xiaomi bakal rilis tanggal 12 Desember 2021. Kalau benar-benar begitu, realme harus merilis realme GT 2 Pro sebelum tanggal 12 Desember untuk meraih gelar ponsel pertama di dunia yang pakai Snapdragon 8 Gen 1.

Kita tunggu saja ya. Siapa kah di antara mereka yang bakal memegang rekor tersebut. Atau nanti bakal ada plot twist, alias ada produsen smartphone lain yang mencuri start? Hmm.. Jadi nggak sabar.

    %d blogger menyukai ini: