Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Taklukkan Samsung, Smartphone Xiaomi Nomor Satu Di Dunia

Anom Penulis

Berita soal penjualan ponsel Xiaomi yang dahsyat terus berdatangan. Kini Xiaomi sudah berhasil mengalahkan Samsung, dan duduk di posisi nomor satu merek smartphone dunia.

Matahari kelihatannya memang sedang bersinar cerah di atas ponsel asal Cina ini. Sebelumnya, Xiaomi berhasil menjadi smartphone paling laris nomor 2 di dunia untuk kuartal kedua tahun 2021. Kemudian, mereka dikabarkan berhasil menjadi nomor satu di Eropa.

Counterpoint Research melaporkan bahwa pada bulan Juni 2021, untuk pertama kalinya Xiaomi berhasil meraih penjualan per bulan paling tinggi secara global. Dengan begitu menaklukkan Samsung yang tak terkalahkan sebelumnya.

Seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya, pertumbuhan penjualan ponsel Xiaomi memang meningkat tajam. Analisa yang ada menyebutkan kalau mereka berhasil mengisi kekosongan yang ditinggalkan Huawei dan Honor paska pencekalan Amerika.

Ponsel yang terkenal dengan harga bersaing ini kencang mendorong penjualan mereka di Cina, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Mulai pulihnya daya beli di Cina, Eropa, dan India juga membantu kesuksesan mereka.

Varun Mishra dari Counterpoint Research menyebutkan kalau penjualan tinggi untuk Redmi 9, Redmi Note 9 dan Redmi K series berhasil meningkatkan pertumbuhan Xiaomi sebesar 26% dari bulan ke bulan (MoM).

statistik xiaomi jadi samrtphone nomor satu dunia
gambar: Counterpoint Research

Sementara itu, gelombang pandemi Covid-19 yang kembali melanda Vietnam, menghalangi proses produksi Samsung. Hal ini menghambat ketersediaan produk smartphone Samsung di pasar. Yang pada akhirnya, menurunkan tingkat penjualan ponsel Samsung.

Walau Samsung sebentar lagi akan merilis beberapa smartphone baru di Galaxy Unpacked bulan Agustus, analisa menyebutkan kalau Samsung masih akan tertahan jika kondisi di Vietnam belum pulih. Dengan begitu Xiaomi masih berkesempatan mendorong penjualan dan mengembangkan pangsa pasar lebih jauh.

Luar biasa bukan? Merek smartphone yang dulu sering disebut sebagai “iPhone wannabe” ini kini berhasil mengalahkan ponsel yang jadi teladannya itu. Apple sendiri sekarang ada di posisi ke-3 di bawah Samsung..

Baca Juga:  Render Xiaomi 13 Sajikan Desain Baru, Tapi Kok Mirip iPhone 14?

Pertanyaannya, tentu saja, sampai kapan Xiaomi bisa mempertahankan posisi nomor satu di pangsa pasar smartphone dunia?