Xiaomi Tunjukkan Detil Sensor Kamera 64MP dan Teaser 108MP

sensor kamera 64mp samsung xiaomi
Anom Penulis

Xiaomi menunjukkan detil informasi dan perbandingan sensor kamera 64MP dengan generasi sebelumnya di acara Xiaomi Future Tekchnology Communication Meeting di Beijing (07/08).

Menurut Presiden dan Co-Founder Xiaomi, Lin Bin, mereka membuat tim khusus untuk kamera sekitar dua tahun lalu. Pada bulan Mei, departemen kamera secara resmi beroperasi untuk mengembangkan teknologi kamera, baik dari perangkat keras maupun lunak.

Ia juga kembali memberi konfirmasi penggunaan sensor Samsung ISOCELL GW1 di perangkat mendatang. Seperti kita ketahui, bocoran soal itu sudah beredar dan Xiaomi sendri sudah memberikan teaser sensor kamera 64MP tersebut untuk Redmi.

Kolaborasi dua perusahaan ini tentu saja sangat menarik. Bahkan, pada kesempatan itu, Li Jishuo, Vice President Samsung, tampil menjelaskan kemampuan sensor kamera 64MP tersebut.

Sensor Kamera 64MP

Sensor ISOCELL GW1 adalah sebuah sensor sebesar 1/1,7 inci, yang membuatnya 34% lebih besar dari sensor 48MP. Sensor ini juga memiliki keunggulan dengan teknologi four-in-one pixel-binning (data empat pixel menjadi satu).

Perbandingan besar sensor 64mp (gambar: Xiaomi)

Sensor kamera 64MP ini menghasilkan resolusi yang lebih besar dari sensor 48MP. Kalau sensor 48MP bisa menghasilkan foto berukuran 8000×6000, maka sensor 64MP bisa menghasilkan foto 9248×6936 sebesar 19MB.

Perbandingan resolusi gambar 64mp
Perbandingan resolusi gambar 64mp (gambar: Xiaomi)

Resolusi tersebut bisa menghasilkan foto atau poster berukuran 244cm x 326cm dengan resolusi 72dpi. Langsung dari kamera ponsel. Jadi berukuran lebih besar dengan kualitas yang sama kalau dibandingkan sensor yang ada sebelum ini.

Perbandingan ukuran foto 64mp
Perbandingan ukuran foto 64mp (gambar: Xiaomi)

Sensor ini juga mendukung teknologi pixel-isolated ISOCELL PLUS, yang menjamin tingkat reproduksi warna yang tinggi dan meningkatkan sensitivitas sampai 15%. Teknologi smart ISO di sensor ini juga bisa mengolah foto sehingga bagian cerah tidak overexposed, dan secara bersamaan mengurangi noise di bagian gelap.

Yang terakhir, sensor ini memiliki teknologi hybrid 3D HDR. Teknologi yang akan menjamin dynamic range yang lebih luas dan mampu menangani pencahayaan dalam berbagai kondisi. Oya, kualitas foto dari sensor ini pun menjamin kemungkinan cropping bagian kecil tetap bagus.

hasil crop foto sensor kamera 64mp xiaomi
Hasil foto dengan crop / zoom in (gambar: Xiaomi via gizmochina)

Sensor Kamera 108MP

Xiaomi memberi kejutan lain di akhir presentasi mereka. Lin Bin menambahkan kalau Xiaomi berencana menggunakan sensor 108MP dari Samsung di masa mendatang. Kalau dibandingkan dengan sensor kamera 64MP yang dipresentasikan oleh Xiaomi, sensor 108MP ini bisa menghasilkan gambar dengan resolusi 12032 x 9024 piksel.

Teaser sensor kamera 108MP Samsung (gambar: Xiaomi)
    %d blogger menyukai ini: