YouTube Uji Komentar Pada Bagian Yang Ditentukan di Video

video youtube

Kamu sedang nonton video YouTube dan suka pada bagian tertentu lalu ingin berkomentar khusus untuk itu? Hm, mungkin nanti bisa terwujud. Soalnya sekarang YouTube sedang melakukan uji coba untuk komentar pada waktu tertentu di durasi video.

Sama seperti di media sosial lain, komentar memang menjadi hiburan tersendiri saat nonton YouTube. Tidak jarang komentar yang ada itu lucu atau kontroversial.

Tidak jarang pula orang mengomentari bagian tertentu pada sebuah video. Kalau kamu perhatikan, kadang ada yang meletakkan waktu durasi (timestamp) tertentu di komentar. Sehingga pembaca yang ingin tahu bisa klik dan langsung menuju bagian yang bersangkutan.

Uji Coba Komentar YouTube Baru

Namun cara itu mungkin agak kurang praktis. YouTube pun kelihatannya berpikir seperti itu dan mencoba fitur baru.

Melalui Halaman Dukungan YouTube, Google mengumumkan kalau mereka menguji fitur komentar pada bagian waktu tertentu di sebuah video. Uji coba ini mulai bergulir untuk sebagian pengguna mulai tanggal 29 April 2021.

Google juga menyebutkan kalau kamu bisa melihat apakah kamu menjadi bagian dari eksperimen ini. Cara mengeceknya adalah lihat bagian komentar di aplikasi YouTube Android atau iOS, lalu tekan tombol ‘Sort’ (sortir) dan pilih ‘Timed Beta’.

Mirip Komentar SoundCloud?

Mungkin kamu berusaha membayangkan akan seperti apa nantinya (sayangnya saya tidak termasuk yang kebagian uji coba jadi tidak bisa menunjukkan tangkapan layar). Namun, kalau kamu suka atau pernah menggunakan aplikasi SoundCloud, kamu mungkin bisa membayangkan.

komentar di soundcloud

Di sana, di bagian durasi audio, terdapat banyak avatar yang menunjukkan pengguna yang berkomentar. Jadi pengguna lain bisa melihat komentar pada bagian tertentu. Misalnya “Oh, saya suka bagian lagu ini.”

Sistem seperti ini bisa membuat komentar jadi lebih sesuai dan relevan dengan konten video YouTube dan secara bersamaan bisa membantu pengguna lain yang penasaran. Sekali lagi, misalnya ketika sebuah video membahas easter egg pada sebuah film.

YouTube memang rajin mengadakan eksperimen. Beberapa uji coba itu pun sudah terwujud. Seperti mengubah nama channel, cek copyright, atau YouTube Short.

Nah, apakah fitur komentar ini akan berguna? Bagaimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: