Dulu, acara rilis smartphone atau perangkat elektronik baru adalah sesuatu yang ditunggu. Pemakaian teknologi baru, perubahan desain yang radikal, sampai ejekan pada merek lain membuatnya menjadi tayangan yang menggairahkan. Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat membuat acara seperti itu tidak seksi lagi.
Pada tahun 2007, Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama. Pengumuman ini tidak hanya merubah wajah smartphone di kemudian hari. Tapi juga merubah wajah acara konrefensi sejenis.
Steve Jobs juga memperkenalkan Macbook Air pertama dengan cara yang asik di tahun 2008. Ia membahas ketebalan laptop Sony, membandingkannya dengan Macbook Air, lalu menunjukkan laptop baru itu yang ada di dalam amplop.
Seiring berjalannya persaingan teknologi di berbagai perangkat, berbagai merek produk elektronik — terutama untuk smartphone, laptop, dan perangkat sejenis — berusaha membuat kejutan yang menonjolkan keunggulan perangkat mereka.
Sayangnya, seperti sudah disebut di atas, usaha itu mulai luntur dalam beberapa tahun terakhir. Ada hal yang mengurangi minat pengguna.
Bocoran yang Terlalu Detil
Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita sering melihat bocoran produk elektronik sebelum acara pengumuman. Bahkan bisa sampai hampir satu tahun sebelumnya.
Awalnya, bocoran semacam ini menjadi “musuh” perusahaan teknologi. Karena fitur baru bisa “dicium” oleh pesaing. Namun seiring derasnya bocoran, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan.