Akan Ada Film Memakai format Tegak Seperti Instagram Stories

film format tegak pertama

Video berformat tegak saat ini memang populer diterapkan di smartphone. Terutama pada aplikasi media sosial. Namun bagaimana kalau format tegak atau vertikal itu dipakai untuk film? Ternyata akan ada film yang dibuat khusus dengan format tegak. Luar biasa.

Yeah, video berformat tegak mungkin pertama kali populer ketika dipakai oleh aplikasi Snapchat. Kemudian, Instagram Stories mempopulerkan format video itu lebih jauh. Bahkan kemudian Instagram memperkenalkan IGTV yang awalnya khusus untuk tayangan video berformat tegak dengan durasi panjang. Bahkan YouTube pun kemudian mendukung format vertikal untuk menjawab IGTV. Lalu, seperti kita tahu, aplikasi TikTok pun menyusul.

Nah, di sisi lain, para sineas pun mencoba melakukan pendekatan kekinian. Beberapa sutradara besar bahkan sudah membuat film dengan menggunakan smartphone (tepatnya iPhone). Bahkan Apple kemudian membuat promosi iPhone khusus bekerja sama dengan beberapa sutradara. Misalnya video Snowbrawl yang dibuat dengan iPhone 11 Pro.

syuting snowbrawl dengan iphone 11 pro

Tapi sejauh ini belum ada yang membuat film serius dengan menggunakan format vertikal (setahu saya). Ya, sampai Timur Bekmambetov menyatakan niatnya.

Timur Bekmambetov bukanlah nama kacangan. Sutradara ini sudah mengarahkan berbagai film populer, seperti Wanted, Ben Hur versi baru, dan Searching. Bekmambetov juga dikenal sebagai pionir untuk format film dan TV “screenlife“. Yaitu cerita yang ditampilkan melalui layar komputer, tablet, atau smartphone. Film Unfriended dan Searching adalah beberapa di antaranya.

Sekarang Timur Bekmambetov melangkah lebih jauh lagi. Ia akan membuat film dengan format tegak yang dirancang khusus untuk pengguna smartphone.

Film itu berjudul V2 Escape From Hell. Film yang berlatar Perang Dunia ke-2 ini akan bercerita tentang seorang pilot Soviet yang memimpin pelarian dari kamp konsentrasi Jerman dengan membajak pesawat. Sang pilot yang bernama Mikhail Devyatayev akan diperankan oleh aktor Rusia bernama Pavel Priluchny.

v2 escape from hell film vertikal pertama

Film ini memiliki biaya sekitar $10 juta. Akan ada dua versi yang dibuat, yaitu yang satu untuk pasar Rusia, dan yang lain dengan bahasa Inggris untuk pasar internasional. Rencananya, film ini akan dirilis pada awal 2021.

Dari sisi pembuatan, sebenarnya film V2 Escape From Hell ini bukan yang pertama yang memakai format tegak. Sebelumnya, Timur Bekmambetov pernah membuat serial Dead of Night yang memakai format vertikal dan khusus dibuat untuk Snapchat.

Tapi film V2 Escape From Hell ini mungkin akan menjadi yang pertama sebagai film komersial untuk umum. Tentu, kemungkinan besar film ini akan dilepas secara streaming. Agak aneh dong nonton bioskop tapi melihat film berformat tegak.

%d blogger menyukai ini: